kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berusia 94 tahun, inilah Harjo Sutanto orang terkaya tertua di Indonesia 2020


Jumat, 11 Desember 2020 / 20:05 WIB
Berusia 94 tahun, inilah Harjo Sutanto orang terkaya tertua di Indonesia 2020


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia pada 2020. Dari daftar tersebut, terdapat nama Harjo Sutanto, berusia 94 tahun yang menjadi orang kaya tertua di Indonesia dalam Forbes Indonesia's 50 Richest. 

Harjo Sutanto menjadi orang terkaya ke-48 di Indonesia dengan total kekayaan US$ 530 juta atau sekitar Rp 7,42 triliun. 

Lantas, dari mana sumber kekayaan Harjo Sutanto?

Baca Juga: Bos Uniqlo, Tadashi Yanai, makin kokoh sebagai orang terkaya di Jepang sejak pendemi

Berkat jualan sabun 

Dirangkum dari Forbes dan laman resmi Wings, pada 1948 Harjo Sutanto bersama Johannes Ferdinand Katuari, mulai berjualan sabun dari rumah ke rumah di Jawa Timur.

Mereka memulai bisnis menggunakan sumber daya yang terbatas untuk membuat sabun cuci sederhana. 

Didorong oleh kebutuhan untuk bertahan hidup di tahun-tahun pasca-perang, kedua pendiri dengan tegas menjajakan produk mereka dari pintu ke pintu, kios ke kios, desa ke desa.

Tekad mereka terbayar, sabun cuci tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Keberhasilan tersebut memacu Katuari dan Sutanto untuk mengembangkan bisnis mereka, dan yang lebih penting, mengembangkan formulasi deterjen yang lebih efektif.

Kedua pengusaha tersebut kemudian mulai memproduksi deterjen krim yang dengan cepat menjadi kebutuhan pokok masyarakat Jawa Timur. 

Baca Juga: Inilah 15 orang terkaya Indonesia, berapa harta kekayaannya?

Deterjen krim adalah produk inovatif yang tidak ditemukan di tempat lain dengan harga lebih murah daripada deterjen bubuk karena biaya energi dan investasi mesin yang rendah.

Produk ini langsung menjadi hit karena memperkenalkan cara mencuci yang sangat praktis dan ekonomis untuk kebanyakan keluarga Indonesia. Dalam beberapa tahun, produk tersebut menjadi sangat populer melalui promosi ekstensif di seluruh Jawa dan segera setelah itu, di seluruh Indonesia.

Keduanya menamai usaha bisnis mereka Wings, mengambil inspirasi dari kreasi inovatif Ibu Pertiwi. Para pendiri bekerja seperti "sepasang sayap" dan berbagi nilai dan aspirasi yang sama. 

Saat ini Wings adalah salah satu produsen sabun dan perlengkapan rumah tangga terbesar di Indonesia seperti pembersih toilet, deterjen, dan pembalut wanita.

Selain itu, produk Mie Sedaap-nya juga menjadi populer dan terjual di banyak negara. Harjo Sutanto juga memiliki waralaba Indonesia untuk pengecer Jepang FamilyMart.

Selanjutnya: Ini dia dua perempuan terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp 8 triliun versi Forbes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×