kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Besok, volume lalu lintas keluar Jakarta diprediksi naik 21,77%


Senin, 26 Oktober 2020 / 17:29 WIB
Besok, volume lalu lintas keluar Jakarta diprediksi naik 21,77%
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww.


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi volume lalu lintas kendaraan yang keluar Jakarta selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H mengalami peningkatan 21,77% dibandingkan kondisi normal. 

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan, peningkatan lalu lintas akan terjadi selama empat hari, yakni terhitung dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2020. 

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta ke arah Timur menuju Tol Trans Jawa dan Cipularang serta Padaleunyi sebesar 48,17%. Sementara 28,32% ke arah Barat menuju Banten atau Merak, lalu 23,51% ke arah Selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor, Ciawi, atau Puncak," kata Bima dalam keterangannya, Senin (26/10). 

Menurut Bima, angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta dari beberapa Gerbang Tol Utama. Mulai dari Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama. 

Baca Juga: Gubernur Anies sempat meminta pemerintah pusat untuk menimbang ulang libur panjang

Guna mengantisipasi adanya peningkatan lalu lintas tersebut, selain penanggulangan di rest area, Jasa Marga juga melakukan sejumlah upaya memaksimalkan pelayanan operasional dengan tetap memperhatikan protokol keselamatan. Mulai dari layanan lalu lintas, transaksi, hingga konstruksi. 

"Pada layanan transaksi, Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT Utama dengan menyiapkan petugas mobile reader dengan tetap menjaga protokol kesehatan serta menyiapkan GT sementara di KM 149 Gedebage Jalan Tol Padalarang-Cileunyi," ucap Bima. 

"Selain itu, kami juga memastikan gardu transaksi beroperasi penuh, keberfungsian peralatan tol 100% dan penyiagaan genset 24 jam. Pada konstruksi, Jasa Marga akan menghentikan sementara pada periode libur dan menyiapkan petugas siaga," kata dia. 

Tak hanya itu, pelebaran lajur di Km 48 yang merupakan pertemuan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan layang juga dilakukan pada kedua sisi. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi kepadatan titik pertemuan kendaraan. 

Untuk meningkatkan layanan lalu lintas, sarana dan prasaranan juga sudah disiapkan. Mulai dari penempatan petugas untuk rekayasa lalu lintas di titik rawan, berkoodinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan, serta memastikan keberfungsian CCTV, VMS, VMS Mobile, Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), serta radio komunikasi.

Selanjutnya: Jasa Marga (JSMR) Kembangkan Bisnis Non Jalan Tol di Bidang Properti

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Besok, Volume Lalu Lintas Keluar Jakarta Diprediksi Naik 21,77 Persen"

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×