kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik Pasar Jepang, Tays Bakers Gandeng MIXIO Holdings


Selasa, 12 Desember 2023 / 10:53 WIB
Bidik Pasar Jepang, Tays Bakers Gandeng MIXIO Holdings
ILUSTRASI. Fasilitas produksi makanan ringan PT Jaya Swarasa Agung Tbk (TAYS). Targetkan Ekspor ke Pasar Jepang Tahun 2024, PT Jaya Swarasa Agung Tbk (TAYS) Gandeng MIXIO Holdings


Reporter: Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS), produsen makanan ringan asal Indonesia, berencana melakukan ekspor ke Jepang pada tahun 2024. Hal ini karena perusahaan telah bermitra dengan MIXIO Holdings Incorporated untuk memperluas jangkauannya ke pasar sakura tersebut.

Chief Operating Officer TAYS, Andrew Sanusi mengatakan, hubungan kemitraan antara perusahaan dengan MIXIO Holdings merupakan sesuatu yang exciting karena mereka adalah shareholders signifikan bagi perusahaan.

"Untuk pasar ekspor sendiri, salah satu yang memang paling exciting buat kita adalah pasar Jepang karena kita mempunyai rekan (MIXIO Holdings) dan mereka adalah salah satu shareholders signifikan di tempat kita" ungkap Andrew dalam Public Expose, Selasa (12/12).

Baca Juga: Pendapatan Jaya Swarasa Agung (TAYS) Turun 19,33% di Kuartal III-2023

Perusahaan juga melihat potensi di pasar Jepang cukup besar, saat ini TAYS terus mengkaji dan berdiskusi dengan MIXIO Holdings dan mereka sedang mendistribusikan produk-produk TAYS di Jepang. Perusahaan juga memiliki harapan yang besar terhadap penjualan di Jepang dan di negara lain.

Dari sisi kinerja, pada Kuartal-III 2023, perusahaan membukukan pendapatan sebesar Rp 196,3 miliar. Performa perusahaan pada Kuartal-III 2023 cukup terpengaruh oleh kondisi pasar food snacks yang melemah.

Untuk itu, perusahaan melakukan restrukturisasi dan perapihan jaringan distribusi dengan beralih ke distributor yang lebih besar, supaya dapat menjangkau wilayah yang lebih luas, termasuk mendorong ekspor ke lebih banyak negara yang dulu belum menjadi target.

Per Kuartal-III 2023, komposisi ekspor TAYS adalah sebesar 33% dari total penjualan. Nilai absolut ekspor mengalami peningkatan sebesar 12% dari periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Jaya Swarasa Agung (TAYS) Bangun Pabrik Kedua di Sumedang

TAYS juga menyiapkan dana untuk Capital Expenditure (capex) sebesar Rp 20 miliar hingga Rp 25 miliar untuk tahun depan.

Dana ini akan digelontorkan untuk penambahan mesin-mesin yang meningkat kualitas produk, baik dari tambahan metal detector dan lain-lain sehingga lebih efisien dan kualitas produk TAYS dapat masuk ke pasar Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×