kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Bidik Pendapatan Tumbuh 10%, Begini Strategi Tera Data (AXIO) Hingga Akhir 2024


Minggu, 08 September 2024 / 12:09 WIB
Bidik Pendapatan Tumbuh 10%, Begini Strategi Tera Data (AXIO) Hingga Akhir 2024
ILUSTRASI. Perakitan laptop Axioo produksi PT Tera Data Indonusa Tbk. Tera Data Indonusa (AXIO) membidik pendapatan tumbuh sekitar 5% hingga 10% pada tahun 2024.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) membidik pendapatan tumbuh sekitar 5% hingga 10% pada tahun 2024. Untuk itu, Tera Data telah menyiapkan sejumlah strategi andalan untuk mengerek penjualan di sisa tahun ini.

Pada semester I 2024, AXIO  membukukan pendapatan sebesar Rp 434,40 miliar, naik 3,62% dari Rp 419,23 miliar pada semester I 2023. Pencapaian pendapatan tersebut mencerminkan 37,02% dari target pendapatan Tera Data tahun ini.

"Kami yakin bahwa pendapatan perusahaan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan perkiraan kenaikan sekitar 5-10% dari tahun 2023," kata Luhur Budiman selaku Direktur & Sekretaris Perusahaan AXIO dalam paparan publik, Rabu (4/9).

Keyakinan perusahaan juga ditopang oleh lima strategi utama yang diterapkan oleh Axioo melibatkan beberapa aspek penting. Di antaranya komitmen untuk pengembangan  produk yang relevan, berkualitas, dan terjangkau. 

"Kami menghadirkan produk-produk inovatif dan terbaru dengan harga yang tetap terjangkau. Produk kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dan tetap kompetitif," kata Michael Sugiarto, President Director AXIO.

Baca Juga: Penjualan Laptop Terungkit Tahun Ajaran Baru

Tentunya ada beberapa tantangan tersendiri bagi AXIO sebagai produsen hardware di tengah maraknya pemilihan smartphone ketimbang laptop di tahun 2024 ini. 

"Tantangannya sekarang adalah bagaimana memperluas pasar laptop di Indonesia. Di sini, penggunaan smartphone jauh lebih dominan dibandingkan laptop. Memang, secara global, jumlah pengguna smartphone selalu lebih banyak, tetapi di Indonesia, kesenjangannya sangat besar," sambungnya.

Untuk mengatasi hal ini, pihaknya telah menyiapkan beberapa program bersama Intel, Microsoft, dan mitra global lainnya untuk mengedukasi pasar. Tera Data ingin menunjukkan kelebihan laptop atau komputer yang tidak bisa didapatkan dari smartphone. 

"Misalnya, kemampuan multitasking yang lebih baik. Dengan laptop, kita bisa melakukan banyak tugas sekaligus. Selain itu, untuk pekerjaan berat, seperti editing video—terutama bagi content creator—laptop atau komputer jauh lebih mumpuni dibandingkan smartphone. Jika ingin hasil yang lebih canggih, kita perlu menggunakan komputer," jelasnya.

Baca Juga: Awal Tahun Ajaran Baru 2024, Penjualan Laptop Tera Data (AXIO) Naik 20%

Lebih lanjut, AXIO menerapkan pemasaran yang terintegrasi dan relevan. Ini termasuk melakukan riset pasar secara mendalam dan memastikan setiap kampanye pemasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Michael bilang, perusahaan juga melihat peningkatan permintaan di segmen gaming. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan produk Pongo yang tetap terjangkau. Laptop ini bukan hanya untuk bermain game, tetapi juga menjawab kebutuhan content creator untuk pekerjaan seperti editing video. 

"Sebagai contoh, laptop Pongo 725 dengan harga sekitar 10 jutaan sudah bisa digunakan untuk bermain game AAA, yang merupakan solusi luar biasa untuk memenuhi kebutuhan pasar," jelasnya.

Berikutnya, supply chain dan manufaktur dengan komitmen perusahaan memperbaiki proses distribusi dan manufaktur untuk memastikan produk tersedia dan dalam kondisi terbaik. 

Baca Juga: Catat Ini Daftar Emiten yang Cum Date Dividen Akhir Juni

Pilar lainnya yakni saluran dan distribusi menjadi salah satu aspek terpenting dari strategi Tera Data adalah mendengarkan konsumen dan juga berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan purna jual yang baik.

"Kami berusaha untuk memastikan bahwa program yang kami tawarkan relevan dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, tahun ini kami telah memperkenalkan beberapa program solusi baru," imbuhnya.

Terbaru, Tera Data menyediakan program Trade-In. Pelanggan dapat menukarkan laptop merek apapun dengan produk Axioo. Tera Data juga menawarkan cicilan 0% bekerja sama dengan lembaga keuangan di Indonesia.

Selain itu, juga dihadirkan Accidental Damage Protection (ADP) untuk melindungi pengguna dari kerusakan tidak terduga tanpa biaya tambahan. Semua Produk Axioo kini sudah dilindungi oleh Accidental Damage Protection (ADP).

"Secara keseluruhan, strategi kami tetap sama do the homework dengan baik dan terus meningkatkan setiap aspek dari lima pilar untuk menjadi merek lokal yang relevan," pungkasnya.

Selanjutnya: 5 Makanan Untuk Merawat Kesehatan Payudara dan Cegah Kanker Payudara

Menarik Dibaca: 5 Makanan Untuk Merawat Kesehatan Payudara dan Cegah Kanker Payudara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×