kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Bidik produksi 30 juta ton di 2020, PTBA maksimalkan batubara kualitas tinggi


Senin, 23 Desember 2019 / 19:50 WIB
Bidik produksi 30 juta ton di 2020, PTBA maksimalkan batubara kualitas tinggi
ILUSTRASI. RUPST BUKIT ASAM

Reporter: Dimas Andi | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA, anggota indeks Kompas100 ini) membidik produksi batubara sebesar 30 juta ton pada tahun 2020 mendatang. Angka tersebut lebih tinggi ketimbang proyeksi batubara yang diproduksi perusahaan di tahun ini sebanyak 28,5 juta ton.

Adapun hingga kuartal III-2019 lalu PTBA sudah menghasilkan batubara sebanyak 21,6 juta ton. Sekretaris Perusahaan PTBA Suherman mengatakan, pihaknya lebih banyak memproduksi batubara dengan kualitas medium-rendah. Namun, ia juga menyebut sekitar 3 juta ton batubara yang diproduksi perusahaan di kuartal tiga lalu merupakan produk berkualitas tinggi.

Baca Juga: Tetap Selektif, Kenaikan Saham-Saham Pertambangan Hanya Sesaat

Sayangnya, Suherman tidak membeberkan secara rinci besaran kalori batubara yang dimaksud tersebut. Meski begitu, dalam berita sebelumnya, PTBA disebut memproduksi batubara kualitas tinggi dengan kadar 6.100 sampai 6.700 kcal/kg.

Pastinya, PTBA masih akan memaksimalkan produksi batubara kualitas tinggi di tahun depan. Ditambah lagi, belum lama ini PTBA mendapat kontrak penjualan batubara kalori tinggi ke perusahaan petrokimia asal Taiwan, Formosa Plastics Group.

"Batubara kalori tinggi diperlukan untuk menjaga bottem line perusahaan di 2020. Tambang kami juga siap memproduksi batubara kalori tinggi," ungkap dia, Senin (23/12).

Baca Juga: Bukit Asam (PTBA)-Pertamina ajukan insentif untuk harga DME yang kompetitif

Suherman juga berujar, cadangan batubara kalori tinggi PTBA masih cukup untuk 5--7 tahun mendatang.

PTBA akan mengoptimalkan cadangan batubara tersebut dan memproduksinya secara efisien. "Kami juga akan memperbarui data cadangan lebih detail dan tetap membuka peluang mencari cadangan baru," tambah Suherman.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×