kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa dengan Bus & Kereta Api, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024


Rabu, 13 Maret 2024 / 03:30 WIB
Bisa dengan Bus & Kereta Api, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024


Reporter: Adi Wikanto, Lidya Yuniartha | Editor: Adi Wikanto

MUDIK MOTOR GRATIS KEMENHUB - Jakarta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis untuk perayaan Lebaran atau Idul Fitri tahun 2024. Berikut sejumlah pilihan mudik gratis Kemenhub serta cara dan syarat pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024.

Kemenhub antara lain menggelar program angkutan motor gratis (motis) Lebaran 2024. Kemudian, ada juga mudik gratis Lebaran 2024 melalui aplikasi Mitra Darat.

Diberitakan Kompas.com, mudik gratis motis Lebaran 2024 adalah program mudik untuk masyarakat dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. Pendaftaran mudik motis Lebaran 2024 dibuka hingga 18 April 2024 mendatang.

Tujuan program ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan, sehingga tingkat keselamatan meningkat. "Ayo manfaatkan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya siap mendukung layanan untuk pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman. Dia bilang, penggunaan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, maka kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024.

"KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan motis," kata Didiek.

Program Motis 2024 akan diselenggarakan pada 2-8 April 2024 untuk angkutan arus mudik, sedangkan untuk angkutan arus balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Baca Juga: Pendaftaran Angkutan Motor Gratis (Motis) Mudik Lebaran Dibuka Hingga 18 April

Bagi yang berminat mengikuti program mudik motor gratis ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Adapun syarat yang harus disiapkan sebagai berikut:

  • KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK Besaran Motor
  • Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk
  • Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif

Nantinya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu:

  • Lintas Utara (pp): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang
  • Lintas Tengah (pp): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo
  • Lintas Selatan (pp): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun

Mudik gratis 2024 Kemenhub dengan bus

Kemenhub membuka pendaftaran Mudik Gratis 2024 dengan menggunakan bus melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran mudik gratis 2024 Kemenhub ini dibuka sejak Senin(6/3) hingga 3 April 2024 atau hingga kuota terpenuhi. 

Adapun, cara pendaftarannya yakni: pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email/akun Google. Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login sudah berhasil maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab “event” untuk lihat menu Mudik Gratis.

Untuk melakukan pemesanan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu “Mudik Gratis” pada aplikasi MitraDarat. Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. Setelah itu, calon pemudik dapat mengisi data diri. Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan”.

Pendaftaran online melalui aplikasi MitraDarat ini menjadi salah satu syarat dan ketentuan Mudik Gratis Tahun 2024.

"Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP). Setiap peserta hanya bisa memilih 1 (satu) kota tujuan mudik,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam keterangan tertulis, Rabu (6/3).

Bila peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban). Bagi peserta diberikan waktu H+5 (lima) setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan.

Apabila lewat H+5 (lima) peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.

"Jika calon pemudik tidak melakukan registrasi/validasi ulang sampai batas waktu yang ditentukan maka NIK-nya secara otomatis akan terkena banned dan tidak dapat mengikuti program mudik gratis pada periode selanjutnya selama 3 kali berturut-turut. Tentu ini harus jadi perhatian bagi para calon peserta," jelasnya.

Adapun, satu akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai empat peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan 1 akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak satu kali.

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat-surat  kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Bagi setiap peserta mudik gratis diharapkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

Itulah informasi mudik gratis Kemenhub dengan kereta api ataupun bus. Segera daftar mudik gratis Kemenhub 2024 sebelum kuota terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×