kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45767,97   -12,34   -1.58%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa geliatkan ekonomi, Kemenparekraf dukung Hari Belanja Diskon Indonesia


Sabtu, 08 Agustus 2020 / 21:30 WIB
Bisa geliatkan ekonomi, Kemenparekraf dukung Hari Belanja Diskon Indonesia

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Melalui penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia 2020 diharapkan dapat memacu perkembangan bisnis UMKM atau pelaku kreatif Indonesia melalui kerja sama dengan platform, e-commerce atau marketplace," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Baca Juga: Sasar pelaku bisnis, AnterAja luncurkan fitur BisnisAja

Pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk UMKM. Mengutip perhitungan BAPPENAS, pandemi telah menggerus daya beli masyarakat hingga Rp 362 triliun hanya dalam waktu 10 pekan dari akhir Maret hingga awal Juni 2020. Hal tersebut sebagai dampak dari adanya PSBB dan pengurangan jam kerja secara signifikan.

Sementara data BPS menyebutkan ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2020 terkontraksi minus 5,32% (YoY). Dimana kontraksi terdalam berasal dari komponen konsumsi rumah tangga sebesar minus 2,96%.

"Year on Year konsumsi rumah tangga triwulan II tahun 2020 terkontraksi hingga minus 5,51%," ujar Angela dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (8/8).

Ia mengatakan, kebijakan pelonggaran PSBB dan penerapan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru telah sedikit mendorong geliat perekonomian nasional meski beberapa kota masih tumbuh terkontraksi. Diharapkan pada kuartal ketiga dan keempat mendatang, ekonomi Indonesia dapat membaik dan HBDI dapat menjadi salah satu momentum untuk mendorong hal tersebut. "Semoga dengan penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia dapat turut membantu menggiatkan kembali roda perekonomian," jelas Angela.

Baca Juga: McKinsey & Company: Pandemi corona membentuk kebiasaan-kebiasaan baru pada konsumen

Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 digelar oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) untuk yang ke-4 kalinya pada 14 Agustus – 30 Agustus 2020 dengan mengusung tema #BelanjaUntukIndonesia. Pada pagelaran tahun ini, program HBD Indonesia mengajak masyarakat untuk kembali ke para peritel dan Berbelanja Untuk Indonesia demi menghidupkan kembali roda ekonomi nasional serta industri ritel Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×