kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Beras Stabil, Buyung Poetra (HOKI) Optimistis Pendapatan Tumbuh 10% di 2023


Senin, 11 Desember 2023 / 13:23 WIB
Bisnis Beras Stabil, Buyung Poetra (HOKI) Optimistis Pendapatan Tumbuh 10% di 2023
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menilai tren bisnis beras relatif stabil dan momen Pemilu 2024 tidak mempengaruhi kinerja perusahaan.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen beras Topi Koki PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menilai tren bisnis beras tahun ini relatif stabil dan momen Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak mempengaruhi kinerja perusahaan.

Budiman Susilo, Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk menjabarkan beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia sehingga permintaannya relatif stabil meski sepanjang tahun 2023 biaya produksi beras naik signifikan. 

"Saat ini Perseroan melihat semakin banyaknya masyarakat yang peduli mengenai kesehatan dan kepraktisan, HOKI mengambil peluang dengan mulai memasarkan produk beras khusus DailyMeal yaitu beras sehat (DailyMeal Rice) dan beras praktis (DailyMeal Eats) yang pasokannya juga sudah mulai banyak di modern trade degan menawarkan produk berkualitas dan harga yang terjangkau," jelas Budiman kepada Kontan, Senin (11/12). 

Baca Juga: Begini Jurus Buyung Poetra (HOKI) Hadapi Kenaikan Harga Bahan Baku

Sebagai informasi, DailyMeal Rice merupakan beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, yang memiliki indeks glikemik yang rendah dan serat yang tinggi, serta kandungan gula pada beras ini juga 0% sehingga bisa menjadi alternatif yang baik untuk penderita diabetes. 

Sementara itu, DailyMeal Eats adalah beras berbumbu warisan kuliner nusantara seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk. Produk yang dihadirkan oleh Perseroan ini disajikan secara satu pack lengkap dengan bumbu alami tanpa bahan pengawet dengan cita rasa yang lezat. 

Perseroan sedang dalam tahap untuk menambah jaringan distribusinya lagi untuk memperbanyak peredaran produk beras sehat dan beras praktis ini, khususnya di area Jawa.

Lebih lanjut, mengenai Pemilu 2024, HOKI menyatakan bahwa ada atau tidaknya Pemilu 2024, tidak menambahkan konsumsi beras di masyarakat menjadi lebih banyak. 

"Secara konsusmsi tidak tumbuh secara significant sehingga secara kebutuhan sama. Saat ini, seiring dengan pasca pandemi Perseroan lebih melihat tren Masyarakat banyak kearah Kesehatan dan kepraktisan. Maka dari itu Perseroan memasuki bisnis FMCG dengan mengeluarkan produk beras baru yaitu beras sehat DailyMeal Rice dan beras praktis DailyMeal Eats," ujar dia.

Dengan fokus pada dua produk tersebut, pada 2024 melanjutkan pengembangan bisnisnya. Ke depannya HOKI juga sedang dalam proses untuk meluncurkan produk-produk DailyMeal lainnya yang detailnya belum dapat diberikan namun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Baca Juga: HOKI Intensifkan Upaya Diversifikasi Usaha pada Kuartal III tahun 2023

Mengenai capex, HOKI menuturkan hingga kuartal III 2023 telah menggunakan capex senilai Rp2,7 miliar yang sebagian besar digunakan untuk penambahan mesin baru pada produk merk BPS dan ke anak usahanya PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). 

"Capex HOKI di 2023 tidak terlalu besar karena fokus untuk sinergi dan efisiensi perusahaan seiring dengan upaya Perseroan untuk bertransformasi menuju FMCG company melalui HDN. Tahun ini Perseroan masih menggunakan capex yang kecil untuk pengembangan bisnis HDN," ujarnya.

Hingga akhir 2023, HOKI menargetkan pertumbuhan pendapatan 10% dan peningkatan volume penjualan produk konsumer ada di kisaran 50%. 

"Kami optimistis bisa bertumbuh 10% dibantu dengan produk-produk kami," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×