Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon
JAKARTA. PT Toshiba Visual Media Network Indonesia ramaikan pasar ultrabook dengan melansir empat varian terbaru sekaligus. Distributor komputer Toshiba di Indonesia ini menargetkan penjualan ultrabook bisa menyumbang 6% dari total penjualan komputer Toshiba di Indonesia tahun ini.
Albert Susilo, Channel Manager PC Department Toshiba Visual Media Network Indonesia menyatakan secara industri pasar ultrabook diprediksi mencapai 200.000 unit per tahun. Sayang, ia enggan menyebut berapa nilai yang disasar Toshiba. "Kami bisa bilang, targetnya 6% dari total penjualan Toshiba," katanya kemarin.
Dari total pasar ultrabook, sekitar 90% disumbang produk yang berharga bawah Rp 10 juta. Sisanya, 10%, berasal dari ultrabook berbanderol di atas Rp 10 juta per unit. Celakanya, produk yang dilansir Toshiba berharga di atas Rp 10 juta per unit.
Namun Albert mengaku tidak kuatir, pasalnya, ia melihat ada celah pasar baru di Sulawesi dan Kalimantan yang bisa menopang penjualan ultrabook Toshiba. Seperti biasa, ia tidak mau membuka catatan soal pasar ultrabook di kedua wilayah tersebut. "Yang pasti tumbuh signifikan," katanya.
Toshiba memang terus gencar berekspansi supaya tetap bertengger di posisi ketiga sebagai produk dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Menurut Internatoinal Data Corporation (IDC), total penjualan komputer di Indonesia sampai akhir tahun bisa men capai 4,2 juta unit.
Tie Lily, Director of Consumer and Small Medium Business Dell Indonesia bilang sejak melansir dua ultrabook awal tahun ini, pendapatan total Dell Indonesia di semester I tahun ini naik 10% dari periode yang sama tahun lalu.
Hingga semester satu tahun ini porsi penjualan ultrabook Dell mencapai 20%-25%. Taget sampai akhir tahun ini porsi penjualan isa 35%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News