kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

BMW Astra: Penjualan Sedan BMW di Indonesia dalam Tren Positif


Rabu, 09 Agustus 2023 / 16:47 WIB
BMW Astra: Penjualan Sedan BMW di Indonesia dalam Tren Positif
Jajaran manajemen BMW Astra jelang BMW Astra Festival 2023.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. BMW Astra menilai prospek bisnis mobil sedan di Indonesia masih menjanjikan pada 2023, sekalipun pangsa pasar mobil tersebut tergolong kecil.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) sedan nasional meningkat 67% year on year (YoY) menjadi 4.968 unit pada semester I-2023. Penjualan retail (dealer ke konsumen) sedan juga tumbuh 26% YoY menjadi 4.571 unit pada periode yang sama. Walau begitu, kontribusi penjualan sedan masih di level 1% dibandingkan total penjualan mobil nasional.

Masih merujuk sumber data yang sama, penjualan wholesales sedan BMW tercatat sebanyak 878 unit pada Januari-Juni 2023.

Baca Juga: BMW Astra kembali menggelar Joyfest BMW Astra Driving Experience

Operation Manager BMW Astra Teguh Widodo menyampaikan, secara umum penjualan sedan BMW masih berada dalam tren yang positif sepanjang tahun ini. Persaingan bisnis sedan pun dianggap BMW cukup ketat, meski pangsa pasar sedan terbilang kecil lantaran tidak banyak merek yang bermain di segmen tersebut di Indonesia.

“Persaingan sedan memang ketat meski semua tahu bahwa pemain di segmen tersebut sebenarnya itu-itu saja,” ujar dia ketika ditemui Kontan.co.id, Rabu (9/8).

BMW mengklaim sebagai pemimpin pasar mobil sedan mewah di Indonesia, termasuk mobil listrik sedan mewah. Hal ini didukung oleh eksistensi merek BMW yang sudah begitu kuat dan dikenal oleh masyarakat sedunia.

Peluang peningkatan penjualan sedan BMW pun masih cukup terbuka pada sisa 2023. BMW Astra bakal memaksimalkan berbagai jaringan showroom yang dimilikinya guna mendongkrak penjualan sedan pada masa mendatang.

BMW tentu bakal terus mengoptimalkan afiliasinya dengan Grup Astra yang notabene memiliki infrastruktur yang memadai terkait distribusi hingga layanan purna jual kendaraan yang telah dibeli oleh konsumen.

“Kami juga akan optimalkan penjualan di outlet-outlet BMW yang tersebar di berbagai kota, baik di Jawa maupun luar Pulau Jawa,” pungkas Teguh.

Baca Juga: BMW Astra Kembali Hadirkan Joycup: BMW Astra Golf Tournament

Mengutip situs BMW Indonesia, terdapat beberapa model sedan yang dijual oleh merek otomotif asal Jerman tersebut. Misalnya, BMW 2 Series Gran Coupe (harga mulai dari Rp 880 miliar), BMW 3 Series Sedan (Rp 1,13 miliar), BMW 4 Series Coupe (Rp 1,63 miliar), BMW 5 Series Sedan (Rp 1,27 miliar), BMW 7 Series (Rp 2,28 miliar), dan BMW 8 Series Gran Coupe (Rp 2,90 miliar).

Khusus di segmen mobil listrik, BMW juga menghadirkan sedan BMW i4 dengan harga mulai Rp 2,10 miliar dan BMW i7 yang harganya mulai dari Rp 3,40 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×