kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,18   -2,20   -0.29%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.30%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BSDE kerjasama dengan Mitbana kembangkan TOD di atas lahan 100 ha lebih


Senin, 14 September 2020 / 15:16 WIB
BSDE kerjasama dengan Mitbana kembangkan TOD di atas lahan 100 ha lebih
ILUSTRASI. Penjualan Rumah BSD: BSDE bekerjasama dengan Mitbana siap kembangkan TOD berkonsep smart city di BSD City, Tangerang Selatan. KONTAN/Baihaki/5/2/2020

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menjalin kerjasama dengan Mitbana Pte Ltd. Ini adalah  perusahaan patungan Mitsubishi Corp dan Surbana Jurong Pte Ltd.

BSDE dan Mitbana sepakat akan membangun smart city atas transit-oriented development (TOD) di lahan seluas lebih dari 100 hektar (ha). Mengambil lokasi di BSD City, Tangerang, BSDE dan Mitbana akan membangun kota pintas terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi.

 “Kami  berharap kerjasama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia,” Wakil Presiden Direktur BSD Michael Widjaja dalam keterangan resmi, akhir pekan lalu (12/9).

Baca Juga: PSBB Jilid II Hambat Kinerja Emiten Properti, Ini Prospek BSDE, CTRA, SMRA, dan ASRI

Mitbana berdiri Maret 2019. Ini adalah pengembang patungan Mitsubishi dan Surbana yang fokus pada proyek perkotaan di Asean dan Asia Selatan.

Adapun Mitsubishi adalah konglomerasi asal Jepang yang memiliki 10 lini bisnis, salah satunya divisi urban infrastruktur. Kantor perwakilan dan anak-anak usaha perseroan menyebar pada sekitar 90 negara.

Adapun Surbana Jurong adalah perusahaan asal Singapura yang juga fokus sebagai konsultan pengembangan infrastruktur perkotaan. Saham Surbana Jurong dikendalikan sepenuhnya oleh Temasek Holdings.

Michael menyebut, kerjasama pembangunan TOD dengan konsep smart city mengikuti tren urban saat ini. Pascapandemi konsep TOD smart city akan menjadi pilihan konsumen

Kolaborasi BSD dengan Mitbana sejatinya sudah terjalin lama. BSDE bersama Mitsubishi Corp menggarap pengembangan The Zora BSD City yang merupakan hunian eksklusif dengan teknologi smart-home besutan Mitsubishi.

Adapun Surbana Jurong juga pernah terlibat dengan Sinarmas Land dan Citramas Group dalam proyek kawasan digital di Nongsa, Batam.

Sinarmas Land  yakin kerjasama ini akan mengubah lebih dari 100 ha lahan greenfield menjadi TOD yang terdiri atas hunian, properti komersial, dan transportasi umum. Proyek ini diyakini akan memperbesar proyek BSD yang sudah ada. Kini, BSD city sudah menjadi rumah bagi Apple Developer Academy, serta laboratorium inovasi dan teknik milik Grab.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



[X]
×