kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSSN akan mulai investigasi terkait lonjakan tagihan listrk pelanggan PLN


Jumat, 26 Juni 2020 / 19:24 WIB
BSSN akan mulai investigasi terkait lonjakan tagihan listrk pelanggan PLN
ILUSTRASI. Warga memeriksa meteran listrik. ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kordinator Kemaritiman dan Investasi bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bersiap memulai investigasi lonjakan tagihan listrik pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Purbaya Yudhi Sadewa bilang permasalahan data yang sebelumnya sempat menghambat proses investigasi telah dilengkapi oleh pihak PLN. "Data awal sudah diterima, masih dianalisa," jelas Purbaya kepada Kontan.co.id, Jumat (26/6).

Baca Juga: Rumah Anda mati listrik? Panggil saja petugas PLN via Aplikasi PLN Mobile

Kendati demikian, Purbaya belum bisa memastikan kapan proses investigasi ini bakal rampung. Bahkan menurutnya dari analisa awal ini, tidak menutup kemungkinan pihaknya bakal meminta data tambahan guna melengkapi proses investigasi oleh BSSN.

Ia memastikan data yang baru diterwima yakni soal data tagihan pelanggan. Kedepannya pihaknya bakal meminta data tambahan berupa data baca meteran oleh PLN maupun pihak ketiga pencatat meteran yang digunakan sebagai dasar penghitungan tagihan.

Dikonfirmasi terpisah, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi pun menolak memberikan tanggapan lebih jauh. Ia hanya mengungkapkan, pihaknya mengikuti ketentuan yang ada. "Kami hanya melengkapi data-data yang diperlukan," tutur Agung kepada Kontan.co.id, Jumat (26/6).

Baca Juga: Vendor pencatat meter tagihan listrik hambat digitalisasi PLN, DPR: Kami selidiki!

Dalam catatan Kontan.co.id, Kemenko Maritim dan Investasi menggandeng BSSN berencana melakukan investigasi dengan mengecek sistem komputasi PLN. Data yang digunakan yakni data sampel tagihan pelanggan satu tahun terakhir.

Tak hanya itu, jika ditemukan masalah, maka bukan tidak mungkin penggunaan pihak ketiga untuk pencatatan meter oleh PLN juga akan jadi bagian investigasi. Investigasi ini sedianya ditargetkan dapat segera dimulai di awal pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×