kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   10.000   0,70%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Buka Pasar Baru, Sido Muncul (SIDO) Kerek Kontribusi Penjualan Ekspor Jadi 15%


Kamis, 29 Agustus 2024 / 06:16 WIB
Buka Pasar Baru, Sido Muncul (SIDO) Kerek Kontribusi Penjualan Ekspor Jadi 15%
ILUSTRASI. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) kerek penjualan ekspor


Reporter: Rashif Usman | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) bakal memperluas penjualan pasar ekspor ke sejumlah negara seperti Vietnam dan beberapa negara di Afrika. Hal ini sejalan dengan target kontribusi ekspor perusahaan yang diharapkan meningkat menjadi 15% dalam kurun 3 tahun-5 tahun mendatang.

"Vietnam kita sudah targetkan untuk bisa pengiriman perdana di semester kedua (tahun 2024) dan juga kami sedang pembicaraan dengan negara-negara lain di beberapa benua Afrika," kata Direktur Keuangan SIDO, Budiyanto saat Public Expose, Rabu (28/8) .

Budiyanto memaparkan bisnis SIDO di pasar internasional tumbuh signifikan. Hal ini didukung oleh beberapa negara fokus dengan pencapaian penjualan yang tinggi.

"Pertumbuhan penjualan ekspor semester pertama tahun 2024 mencapai 73% (year on year/yoy) dibandingkan semester pertama tahun lalu. Dan juga penjualan ekspor berkontribusi 8% yoy terhadap total penjualan dari SIDO," ujarnya.

Tercatat, Malaysia menjadi negara tujuan ekspor utama dari SIDO, di mana penjualan ekspor ke Malaysia berkontribusi 4% terhadap penjualan total. Kemudian, pasar ekspor Filipina berkontribusi 1%-2% terhadap penjualan. Terakhir, pasar ekspor dari Nigeria menyumbang 1%-2% ke penjualan total perusahaan.

Baca Juga: Tak Agresif, Sido Muncul (SIDO) Baru Menyerap Capex Rp 27 Miliar pada Semester I-2024

Di sisi lain, Budiyanto menegaskan SIDO terus berupaya mempertahankan sebagai market leader untuk pasar herbal melalui penguatan brand awareness

"Jadi yang kami lakukan terutama di consumer goods adalah yang pertama pasti selalu perkuat brand awareness dan selalu tersedia. Kami harus selalu diingat dan yang kedua harus selalu tersedia," terangnya.

Mengutip laporan keuangan, penjualan SIDO terpantau meningkat 14,67% year on year (YoY) dari Rp 1,65 triliun menjadi Rp 1,89 triliun per semester I-2024. Sedangkan laba bersihnya tumbuh 35,79% dari Rp 448,10 miliar menjadi Rp 608,49 miliar.

Dari sisi penjualan, segmen jamu herbal dan suplemen masih menjadi kontributor terbesar mencapai Rp 1,11 triliun. Kemudian disusul penjualan makanan dan minuman sebesar Rp 716,70 miliar serta penjualan farmasi Rp 66,19 miliar. 

 

Selanjutnya: Akan Bagikan Dividen Interim, Begini Rekomendasi Saham Indo Tambangraya (ITMG)

Menarik Dibaca: 5 Buku Non-Fiksi Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami dan Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×