Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar
KONTAN.CO.ID - PT Honda Prospect Motor berupaya menggenjot penjualan mobil di kanal online di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB)
Saat ini Honda sudah membuka official store di situs ecommerce Blibli dan Tokopedia.
Melalui Official Store di situs dan aplikasi Blibli, pengunjung dapat melihat informasi lengkap mengenai produk dan program penjualan terbaru dari Honda, serta memilih dealer Honda yang terdekat dari lokasi mereka.
Tak hanya itu, jika melakukan pembelian mobil Honda melalui Blibli, konsumen akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa diskon 2% atau maksimal Rp 2 juta di semua model mobil Honda.
Executive Vice President (EVP) of Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan Gautama mengatakan, "E-commerce menjadi kanal penjualan dan pemasaran utama bagi para pengusaha ritel, termasuk pelaku otomotif, karena e-commerce mampu menjaga akses ke pasar walaupun di tengah keterbatasan akibat wabah virus corona Covid-19.
Ia menyebut Honda Prospect Motor menjadi mitra kuat bagi Blibli dan sebab itu, ia merasa bangga terpilih menjadi partner e-commerce denga official online store mobil Honda di Indonesia.
Sementara Official Store Honda di Tokopedia juga menampilkan berbagai informasi mengenai produk dan program penjualan terbaru dari Honda.
Pengunjung juga dapat melihat seluruh lini mobil Honda serta memilih dealer untuk melakukan pembelian. Tokopedia juga menawarkan keuntungan tambahan untuk konsumen Honda berupa diskon 2% atau maksimal Rp 5 juta di semua model mobil Honda.
AVP of Business Tokopedia, David Kartono menyebut kolaborasi antara Tokopedia dengan Honda menjadi salah satu upaya dalam mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, termasuk dari industri otomotif.
"Agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring (luar jaringan), dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring,” katanya.
Konsumen yang melakukan pembelian mobil melalui Blibli dan Tokopedia juga mendapatkan bonus yang sama yang berlaku untuk program “Beli Honda di Rumah Aja”.
Seluruh program promosi penjualan mobil Honda di kanal e-commerce ini berlaku di seluruh dealer Honda di Indonesia selama periode bulan Mei dan Juni 2020.
SELANJUTNYA>>>
Seperti kita tahu penerapan PSBB dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona Covid-19 menerpa hampir semua sektor usaha termasuk otomotif.
Maklum saat PSBB, semua diler mobil harus menutup gerai-gerai mereka alias hanya boleh beroperasi secara terbatas. Akibanya penjualan kendaraan bermotor termasuk mobil terus mengalami tekanan dalam sejak awal tahun ini.
Karena itulah diler mobil sebagai ujung tombak penjualan mobil di tanah air musti banting setir agar tetap bisa menjual produk selama masa PSBB. Salah satunya dilakuka oleh agen pemegang merek mobil Honda, yakni PT Honda Prospect Motor.
PT Honda Prospect Motor mencoba meluncurkan program pembelian mobil online kepada konsumen. Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce untuk memudahkan pembelian secara online.
Honda mengklam upaya ini mampu meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda secara online.
Pada akhir tahun 2019 lalu, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5%.
Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20% dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia.
SELANJUTNYA>>>
Yusak Billy Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan, kenaikan penjualan mobil secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online.
Sebelumnya pembelian online terutama berasal dari konsumen yang pernah melakukan pembelian mobil Honda atau repeat order. Namun saat ini jumlah konsumen baru yang membeli mobil Honda secara online terus meningkat.
"Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti," katanya dalam pernyataan tertulis Rabu (20/5).
Agar penjualan online meningkat, Honda menawarkan promosi “Beli Honda di Rumah Aja”.
Program ini berlaku konsumen yang melakukan pembelian melalui situs honda-indonesia.com, situs resmi dealer, dan berbagai jalur online lainnya. Misalnya pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan.
Selain itu konsumen akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala yakni gratis jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun. Khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, Honda Jazz, Honda Brio dan Honda HR-V.
Beberapa ecommerce yang digandeng Honda adalah Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, Honda membuka toko resmi alias official store serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News