kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,67   -28,05   -2.91%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Kinerja Positif, Erajaya (ERAA) Buka 600 Gerai Baru Sepanjang 2022


Minggu, 02 April 2023 / 15:54 WIB
Catat Kinerja Positif, Erajaya (ERAA) Buka 600 Gerai Baru Sepanjang 2022
ILUSTRASI. Gerai produk kecantikan The Face Shop Indonesia milik grup PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) di Makassar, Sulawesi Selatan.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) berhasil mempertahankan pertumbuhan positif sepanjang 2022. Kinerja yang tercermin dari laporan keuangan perusahaan menunjukan ada peningkatan penjualan bersih perseroan sebesar 13,8% dan laba yang diatribusikan kepada perusahaan induk sebesar Rp1 triliun.

Lebih jauh, ERAA memaparkan pertumbuhan penjualan pada angka sebesar 13,8% YoY dari Rp43,5 triliun di tahun 2021 menjadi Rp49,5 triliun pada tahun 2022. Margin kotor perusahaan sebesar 10,8% pada tahun 2022. Lalu, laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1 triliun.

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group menyampaikan, Erajaya menutup tahun 2022 dengan pencapaian yang positif dengan pendapatan sebesar Rp49,5 triliun, atau meningkat 13,8% dari tahun sebelumnya, dan menghasilkan laba bersih sebesar Rp1 triliun.

Baca Juga: Erajaya Digital Umumkan Outlet Apple Premium Partner Pertama di Plaza Indonesia

"Pencapaian ini terjadi karena insiatif Erajaya dalam melanjutkan ekspansi bisnis untuk memperluas jaringan omnichannel yang dimiliki dengan menambah 568 gerai sepanjang tahun 2022," ujarnya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (2/4).

Ia melanjutkan, sepanjang tahun 2022 ERAA juga berhasil mencapai beberapa milestones penting, di mana Erajaya juga melakukan pengembangan lini bisnis di luar bisnis utama di bidang handset, dengan membangun vertikal bisnis Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Food & Nourishment dan Erajaya Beauty & Wellness.

Dengan strategi ini, Erajaya Group berupaya untuk semakin meningkatkan value dari perseroan dan memberikan ragam produk dan layanan yang lebih luas kepada pelanggan.

Hasan mengungkapkan, sampai dengan 31 Desember 2022, Erajaya memilki 1.682 gerai yang didukung oleh 89 titik distribusi, dan kerja sama dengan lebih dari 66.000 reseller di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Ekspansi footprint ini juga didukung dengan program kemitraan Erafone Cloud Retail Partner, yang memberi kesempatan pada mitra lokal untuk membuka gerai Erafone di lokasi yang belum terjamah sebelumnya.

Hingga akhir Desember 2022 telah dibuka 54 gerai Erafone Cloud Retail Partner di berbagai lokasi di Indonesia.

“Konsep omnichannel yang telah dibangun terus diperkuat baik dengan peningkatan kapabilitas dan offering melalui laman e-commmerce eraspace.com, maupun kerjasama dengan berbagai platform marketplace. Ini dilengkapi dengan program CRM, myeraspace, yang memungkinkan kami untuk mengenali pelanggan dengan lebih baik guna memberikan penawaran, promosi dan pengalaman berbelanja yang berkesan kepada pelanggan kami," sambungnya.

Hasan menambahkan, Myeraspace memiliki lebih dari 6,5 juta member hingga akhir Desember 2022, atau pertumbuhan 48% dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Erajaya (ERAA) Setelah Bersiap Tambah 600 Gerai Tahun Ini

Erajaya Group saat ini memiliki 4 lini bisnis utama, yang diharapkan membawa perseroan menjadi pemain ritel lifestyle dengan jaringan omnichannel terluas.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×