Reporter: Maria Rosita |
JAKARTA. Bisnis layanan televisi berbayar alias pay TV mulai menunjukkan jati dirinya tahun ini. Buktinya, Telkomvision mengokohkan kerjasama dengan Irdeto yang merupakan perusahaan global penyedia keamanan perangkat lunak dan teknologi media. Telkomvision rupanya makin gencar mencegah pembajakan.
Dalam kerjasama ini, Irdeto menyediakan 500 ribu smartcard kepada pelanggan Telkomvision. Presiden Direktur Telkomvision, Elvizar KH mengatakan kerjasama dengan Irdeto tak hanya untuk mendongkrak jumlah pelanggan televisi berbayar, tetapi juga menjamin kenyamanan pelanggan.
"Pay TV sudah mirip seperti hand phone, kalau tidak ada smartcard, tidak bisa hidup. Jadi peluang pembajakan itu ada," aku bos operator siaran direct-to-home Telkom Group itu di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (10/5).
Semula TelkomVision membayar 50% untuk biaya konten produk tersebut. Setelah kerjasama diperbaharui, biaya tersebut menyusut menjadi 30% yang terdiri dari smartcard, sistem antivirus (security system) dan konten informasi tayangan.
"Tujuan jangka panjang pastinya, selain mencari rekan yang prestasinya bagus, kami mencari yang harganya memenuhi," aku dia tanpa merinci besaran biaya produksi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News