kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   -12.000   -0,82%
  • USD/IDR 15.190   15,00   0,10%
  • IDX 7.778   2,76   0,04%
  • KOMPAS100 1.211   -0,08   -0,01%
  • LQ45 985   0,16   0,02%
  • ISSI 229   -0,19   -0,08%
  • IDX30 505   0,76   0,15%
  • IDXHIDIV20 610   0,72   0,12%
  • IDX80 138   0,14   0,10%
  • IDXV30 143   1,44   1,02%
  • IDXQ30 169   0,14   0,08%

Chatbot yang Didukung Generative AI Mampu Memaksimalkan Customer Experience


Selasa, 24 September 2024 / 17:01 WIB
Chatbot yang Didukung Generative AI Mampu Memaksimalkan Customer Experience
ILUSTRASI. Chatbots yang Didukung Generative AI Mampu Memaksimalkan Customer Experience.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengalaman pelanggan (customer experience) memainkan peran yang amat penting dalam perkembangan dan kesuksesan jangka panjang sebuah perusahaan. Mulai dari meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan konversi dan penjualan, membangun inovasi dan citra perusahaan, hingga meningkatkan keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan bisa diperoleh berkat customer experience yang positif.

Devoteam Indonesia pun menggelar sebuah acara bertajuk “Enhancing Customer Experience with Gen AI-powered Chatbots”. Event yang diselenggarakan di Raffles Hotel Jakarta pada 13 September lalu ini mengemukakan tentang besarnya pengaruh chatbot dan Generative AI dalam perkembangan perusahaan.

Agil Ghifari, Machine Engineer Devoteam Indonesia mengungkapkan Generative AI telah menjadi alat yang sangat penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan saat ini karena kemampuannya mengotomatisasi tugas-tugas yang melibatkan input tidak terstruktur, semi-terstruktur, dan bahkan gambar melalui model multimodal—sesuatu yang sangat sulit dilakukan sebelum kehadiran Gen AI.

"Sistem tradisional kesulitan memproses data tidak terstruktur seperti teks bebas, gambar, atau video, sehingga menyulitkan terciptanya interaksi pelanggan yang mulus. Di sisi lain, Gen AI mampu mengenali pola dalam data kompleks ini dan secara otomatis menghasilkan respons yang dipersonalisasi dan relevan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menawarkan layanan yang lebih responsif dan adaptif, yang pada akhirnya mentransformasi interaksi pelanggan menjadi pengalaman yang lebih lancar dan bermakna,” jelas dia dalam keterangannya, Selasa (24/9).

Baca Juga: King Tire Indonesia (TYRE) Pasok Ban untuk Balapan Sepeda Motor Konversi

Penerapan chatbot berbasis AI di era digital saat ini adalah aset penting bagi perusahaan, karena dapat meningkatkan banyak aspek dari customer experience. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya, pertama, respons cepat dan layanan 24/7. Chatbot AI memberikan respons instan terhadap pertanyaan pelanggan dan mampu melayani 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban, sehingga bisa meningkatkan kepuasan mereka.

Kedua, personalisasi layanan. Chatbot AI mampu menganalisis riwayat interaksi dan preferensi pelanggan, lalu memberikan rekomendasi atau respons yang dipersonalisasi. Ini menciptakan pengalaman yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan individu pelanggan.

Ketiga, pengalaman multibahasa. Chatbot berbasis AI sering kali mendukung multibahasa, memungkinkan pelanggan dari berbagai negara dan latar belakang untuk berkomunikasi dengan mudah tanpa batasan bahasa, sehingga meningkatkan cakupan global perusahaan.

Keempat, efisiensi dalam menangani volume tinggi. Chatbot AI dapat menangani banyak interaksi sekaligus tanpa penurunan kualitas layanan. Ini meningkatkan efisiensi terutama saat terjadi lonjakan permintaan, misalnya saat promosi besar atau event tertentu.

Baca Juga: Astra Komitmen Turunkan Emisi Industri Otomotif di Green Initiative Conference

Kelima, pengalihan masalah yang efisien. Jika chatbot tidak bisa menyelesaikan masalah, AI dapat mengalihkan pelanggan ke agen manusia yang tepat dengan seluruh konteks percakapan. Ini mempercepat penyelesaian masalah dan mengurangi frustrasi pelanggan.

Customer experience yang baik merupakan langkah strategis bagi perkembangan perusahaan. Hal ini tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan dan loyalitas pelanggan, tetapi juga membantu memperkuat reputasi brand, meningkatkan inovasi, dan memastikan keberlanjutan bisnis. Memprioritaskan pengalaman pelanggan adalah kunci dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Selanjutnya: 20 Twibbon HUT KAI ke 79 Tahun yang Diperingati Setiap 28 September

Menarik Dibaca: 20 Twibbon HUT KAI ke 79 Tahun yang Diperingati Setiap 28 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×