kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cipaganti mulai gencar masuk bisnis hotel


Rabu, 23 Oktober 2013 / 09:01 WIB
Cipaganti mulai gencar masuk bisnis hotel
ILUSTRASI. Perut buncit sangat mengganggu penampilan.


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Bisnis Grup Cipaganti makin beranak pinak. Lewat cucu usaha PT Cipaganti Inti Development (CID), perusahaan yang berbasis di Bandung ini resmi mengoperasikan The Travel Hotel di Jalan Cipaku, Bandung, akhir pekan lalu (17/10).

Hotel bintang tiga ini punya kapasitas 97 kamar dengan tarif perdana sekitar Rp 350.000 per malam. "Kami membidik pasar yang cukup luas, mulai pebisnis, pelancong, keluarga, hingga untuk keperluan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE)," kata Jiemmy Aras, General Manager The Travel Hotel kepada KONTAN, Senin (22/10).

The Travel Hotel bukan hotel pertama Cipaganti Inti Development. Lewat anak usaha PT Cipaganti Asia Perkasa, perusahaan ini sudah merampungkan pembangunan Cipaganti Legian Hotel di Legian, Bali pada Juli 2013.

Sedangkan anak usaha Cipaganti Inti Development yang lain, yaitu PT Cipaganti Parahyangan Perkasa, menggarap beberapa hotel, yaitu Cipaganti Parahyangan Beach Hotel 1, 2, dan 3 yang semuanya berlokasi di Pangandaran, Ciamis. Cipaganti Inti Development membangun sekaligus mengoperasikan sendiri hotel-hotel ini.

Sayangnya Jiemmy tidak bisa memberi tahu nilai investasi yang ditanam di masing-masing hotel. "Yang jelas, seluruh hotel bermain di segmen hotel bintang tiga dengan jumlah kamar kurang lebih seratus unit," tuturnya.

Tidak hanya itu, Cipaganti Inti Development juga sudah menyiapkan pembangunan empat hotel lagi tahun depan. Antara lain, D'Art Hotel Cipaganti di Bandung, Hotel Cipaganti Tanjung di Tanjung, Kalimantan Selatan, Batik Hotel Cipaganti di Bandung, serta Hotel Cipaganti Bandara Sepinggan Balikpapan.

Dengan rencana ini, Cipaganti Inti Development menargetkan dalam satu tahun sampai dua tahun mendatang bisa memiliki sekitar 800 kamar hotel.

Cipaganti Inti Development berharap meraih tingkat okupansi 70%-75% di tengah persaingan bisnis perhotelan yang ketat. Untuk menggenjot okupansi, perusahaan ini akan berintegrasi dengan sesama anak usaha Cipaganti Group yang bergerak di bisnis transportasi. Misalnya, menawarkan paket menginap lengkap dengan transportasinya.

Cipaganti Inti Development merupakan anak usaha PT Cipaganti Global Transporindo, salah satu badan usaha Cipaganti Group. Lini bisnis Cipaganti Global Transporindo meliputi properti, pertambangan batubara, pertambangan mineral, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), dan beberapa lini bisnis lain.

Perusahaan ini juga mengembangkan proyek properti residensial di Bandung dan beberapa kota di Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×