kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Cisadane Sawit Raya (CSRA) akan membangun pabrik kelapa sawit (PKS)


Selasa, 25 Agustus 2020 / 21:02 WIB
Cisadane Sawit Raya (CSRA) akan membangun pabrik kelapa sawit (PKS)
ILUSTRASI. Pabrik kelapa sawit PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA)


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Cisadane Sawit Raya Tbk melalui anak usahanya, PT Samukti Karya Lestari (SKL), berencana membangun satu pabrik kelapa sawit (PKS). Pabrik tersebut rencananya akan didirikan di kebun yang terletak di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"Tahun ini diharapkan bisa mulai kick off," jelas Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategis PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA) Seman Sendjaja Suhenda dalam acara Pubex Live BEI, Selasa (25/8).

Diprediksi pabrik tersebut akan dapat beroperasi dalam waktu 1,5 tahun hingga dua tahun mendatang.

Baca Juga: Cisadane Sawit Raya (CSRA) menargetkan pendapatan Rp 600 miliar di tahun ini

Komisaris PT Cisadane Sawit Raya Tbk Cokro Cienturi Suhendra menambahkan, PKS baru itu akan memiliki kapasitas sekitar 45 ton per jam. Mengutip materi paparan publik, saat ini CSRA memiliki kapasitas pengelolaan kelapa sawit 60 ton per jam.

Terkait investasi yang digelontorkan untuk pembangunan PKS tersebut, Cokro belum bisa memberitahukannya. Sebab, hingga saat ini CSRA mengaku belum melakukan tender dengan pihak manapun untuk pembangunannya.

Di sisi lain, perhitungan dana dalam membangun PKS biasanya tergantung dengan harga besi. Sementara harga besi saat ini tengah fluktuatif.

Adapun terkait akuisisi atau ekspansi lahan baru, CSRA belum memiliki rencana yang pasti ke arah tersebut. Sebab, langkah akuisisi atau ekspansi lahan memerlukan kapital yang tinggi.

Untuk saat ini, CSRA cenderung memaksimalkan land bank miliknya yang berada di Sumatera Selatan dengan melakukan pembukaan lahan dan penanaman. Adapun lahan CSRA di Sumatera Selatan terletak di Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×