kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Citilink Indonesia optimalkan pesawat dengan layani pengiriman kargo


Senin, 27 April 2020 / 15:50 WIB
Citilink Indonesia optimalkan pesawat dengan layani pengiriman kargo
Maskapai penerbangan Citilink berfokus untuk mengoptimalisasi armada dengan melayani pengiriman kargo baik untuk rute domestik maupun internasional menyusul ditutupnya sementara operasional penerbangan reguler dan charter penumpang dalam rangka penanggula

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citilink Indonesia berusaha optimalkan utilitas pesawat dengan melayani pengiriman kargo baik untuk rute domestik maupun internasional menyusul larangan penerbangan penumpang dalam rangka penanggulangan pandemi virus corona atawa Covid-19.

Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan, telah mengoperasikan penerbangan kargo secara penuh untuk membantu kelancaran proses distribusi logistik di berbagai wilayah.

Menurutnya, layanan pengiriman kargo ini dilakukan melalui penerbangan kargo charter maupun reguler setiap harinya dengan menghubungkan ke berbagai kota diantaranya Medan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar.

Selain itu juga dengan jadwal-jadwal tertentu ke kota Manado, Balikpapan, Batam, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, Padang, Palembang, Kupang serta rute internasional ke Singapura dan kota-kota di China.

Baca Juga: Pendapatan Garuda Indonesia (GIAA) anjlok 33% terdampak wabah virus corona

"Armada yang digunakan untuk mengangkut kargo ini adalah pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 15 ton dan Airbus A330 dengan kapasitas angkut kargo sebesar 24 ton," jelasnya melalui keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (27/4).

Juliandra bilang, dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, Citilink juga melakukan desinfeksi armada yang digunakan setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Adapun, proses desinfeksi dilakukan di area kabin maupun kompartemen untuk memastikan aspek kebersihan pada pesawat sehingga armada tetap higienis ketika melakukan pengiriman logistik ke berbagai daerah.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengatur agar pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang.

Baca Juga: Garuda Maintenance (GMFI) rugi Rp 50 miliar pada 2019, ini penyebabnya

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan membuka peluang pesawat dengan konfigurasi penumpang untuk dapat digunakan mengangkut kargo dalam kabin penumpang. Pemerintah memberikan dukungan bagi maskapai untuk melancarkan aktivitas logistik, distribusi kebutuhan bahan pokok pangan, hingga pasokan medis.

Kemenhub telah menerbitkan Surat Edaran No. 17/2020 tentang pesawat konfigurasi penumpang yang digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang. Dalam hal ini pesawat dengan konfigurasi penumpang yang digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin tidak dapat digunakan untuk pengangkutan yang bersifat kombinasi antara penumpang dan kargo.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×