kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Cloudera sebut layanannya cocok dengan cloud apapun


Kamis, 15 Agustus 2019 / 18:54 WIB

Cloudera sebut layanannya cocok dengan cloud apapun
ILUSTRASI. ILUSTRASI OPINI - Memanfaatkan Big Data untuk UMKM


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan big data, Cloudera menyampaikan bahwa platform enterprise miliknya bisa digutnakan untuk mendukung setiap kerja big data pada cloud apapun. Oleh karena itu, manajemen tak risau dengan banyaknya pemain yang masuk ke pasar Indonesia.

Fanly Tanto, Sales Director and Country Manager Cloudera menyebut dengan layanan open source tersebut pelanggan bebas untuk menentukan layanan yang dibutuhkan. Dnegan multi-cloud dan hybrid cloud pelanggan bebas menjalankan beban kerja on premise tertentu dan beban kerja lainnya pada cloud.

Baca Juga: Cloudera perkuat bisnis big data analytics di Indonesia

"AWS, Azzure maupu Google Cloud saya melihat itu bukan kompetitor tetapi partnership karena pelanggan ada pilihan. Misalnya mau ditaruh di on premise lokasi sendiri atau ingin taruh di azzure dan lainnya," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/8).

Disaat yang sama, para pelanggan juga ingin mengurangi risiko mereka dengan tidak mengunci data mereka dalam penawaran layanan cloud tertentu. Saat ini layanannya bisa compatible dengan cloud vendor baik AWS, Azzure maupun lainnya.

"Di produk kami bisa lakukan analytics di cloud manapun, kami hybrid cloud yang proteksi customer untuk vendor locking," lanjutnya.

Menurutnya saat ini penggunaan big data di Indonesia masih cukup rendah, sehingga potensi perkembangannya cukup besar. Baru 9% data yang diolah dengan baik, sedangkan masih ada 91% data yang belum diolah dengan baik.

"Personal ID itu perusahaan sangat mem-protect jadi mereka mengerti bahwa ada peraturan dari OJK tidak boleh dijual belikan. Data itu dilakukan untuk inovasi produk, customer experience dan supaya produknya lebih relevan," tutupnya.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×