kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Colliers Indonesia: Beberapa Pemilik Gedung Kantor Mulai Turunkan Tarif Sewa


Kamis, 01 Februari 2024 / 19:02 WIB
Colliers Indonesia: Beberapa Pemilik Gedung Kantor Mulai Turunkan Tarif Sewa
ILUSTRASI. Colliers menyebutkan, beberapa pemilik gedung kantor secara proaktif telah menurunkan tarif sewa.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tarif sewa perkantoran boleh jadi makin kompetitif. Colliers menyebutkan, beberapa pemilik gedung kantor secara proaktif telah menurunkan tarif sewa. Meskipun proses negosiasi kemungkinan akan mengikuti, pemilik properti kini mempertimbangkan selisih yang wajar antara tarif yang diminta dan tarif yang ditransaksikan.

Persaingan yang ketat tidak dapat dihindari, terutama dalam upaya mempertahankan penyewa yang masa sewanya segera berakhir. Di sisi lain, beberapa pemilik properti secara aktif meyakinkan calon penyewa untuk pindah ke gedung yang lebih berkualitas dengan menawarkan paket sewa yang lebih menarik.

Dalam upaya menarik penyewa, beberapa pemilik gedung bahkan bersedia menanggung biaya awal, yang menjadi pertimbangan penting bagi penyewa yang berpikir untuk melakukan relokasi.

Baca Juga: Bisnis Perhotelan dan Perkantoran di Kawasan Sudirman-Thamrin Masih Prospektif

Ferry Salanto, Head of Research Colliers mengatakan, dengan ruang kosong yang cukup besar, termasuk digedung-gedung yang baru beroperasi, peluang untuk bernegosiasi menjadi lebih kuat. Ini memungkinkan mereka merumuskan strategi dan bernegosiasi untuk faktor-faktor yang menguntungkan dalam menyewa ruang kantor untuk beberapa tahun kedepan. 

Menyewakan ruangan yang sebagian telah terisi furnitur juga dapat menjadi pilihan menarik bagi calon penyewa yang bertujuan untuk meminimalisasi biaya di awal.

"Pengeluaran yang dikeluarkan pada tahap awal seringkali dapat menjadi hambatan, yang menyebabkan kantor pusat perusahaan penyewa dapat menunda persetujuan sewa," kata Ferry dalam keterangan resmi, Kamis (1/2). 

Salah satu strategi yang dilakukan, para pemilik properti menawarkan solusi amortisasi dengan menyertakan perhitungan biaya awal ke dalam pembayaran sewa bulanan sepanjang periode sewa. 

Bagus Adikusumo, Head of Office Services Colliers menambahkan, mengingat kondisi yang menantang di pasar kantor pada tahun 2024, kunci bagi pemilik properti adalah tetap fleksibel dan bersedia menyesuaikan diri dengan tuntutan penyewa selama masih dapat diterima.

Di sisi lain, dikarenakan kondisi pasar saat ini masih didominasi oleh pasar penyewa, maka negosiasi yang dilakukan juga seharusnya tetap masuk akal dan merefleksikan kondisi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×