kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

CSIS selenggarakan seminar dan dialog digital AI dan Big Data


Senin, 16 September 2019 / 17:42 WIB

CSIS selenggarakan seminar dan dialog digital AI dan Big Data
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Institut penelitian, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tengah menyelenggarakan dialog internasional bertema teknologi dan dampaknya ke masyarakat, ekonomi, dan negara. Sejumlah pakar dari berbagai bidang turut diundang sebagai pembicara.

Dialog digelar selama dua hari pada hari ini, Senin (16/9), hingga besok dan bertajuk Harnessing Frontier Technologies through a Redesigned National, Regional, and Global (Memanfaatkan Teknologi Termutakhir melalui Pendesainan Ulang Arsitektur Nasional, Regional, dan Global).

Baca Juga: Jelang pelantikan Jokowi, CSIS: Menteri PUPR Basuki akan tetap dipertahankan

CSIS pun menghadirkan Sophia, robot dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI). Sophia telah berinteraksi dengan audiens dan pada Selasa (17/9) besok, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan berdialog dengan Sophia dan para audiens.

Bagi yang akrab dengan konten TED, akan ada pidato dari Luke Hutchison, ahli ilmu komputer dan biologi dari TED Fellow. Ia hadir untuk membahas teknologi singularitas, yakni ketika komputer super cerdas menawarkan arus kecerdasan yang tidak memberi ruang bagi intervensi manusia.

Sunny Park dari Microsoft Asia akan berbicara tentang etika teknologi. Isu itu sedang berkembang di tengah kontroversi soal data pribadi dan kecerdasan buatan. Jake Lucchi, Kepala Konten dan Kecerdasan Buatan dari Google Asia Pacific, hadir untuk membahas cara perkembangan teknologi mengubah model  praktik usaha.

Baca Juga: CSIS: Aplikasi ride hailing berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital

Sementara, Imron Zuhri dari Dattabot Indonesia turut hadir membahas blockchain, big data, dan kecerdasan buatan di negara-negara berkembang.

Selama dua hari, ada empat diskusi panel dengan topik tentang implementasi teknologi masa kini dan masa depan dalam bisnis, ekonomi, dan sektor publik; implikasi terhadap produktivitas ekonomi, sifat pekerjaan, dan inklusi sosial-ekonomi; pendekatan baru terhadap kebijakan ekonomi dan pemerintahan.


Reporter: Agung Hidayat
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan


Close [X]
×