kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Daihatsu Indonesia Berharap Gelaran IIMS 2024 Menggairahkan Pasar Otomotif Nasional


Minggu, 21 Januari 2024 / 11:19 WIB
Daihatsu Indonesia Berharap Gelaran IIMS 2024 Menggairahkan Pasar Otomotif Nasional
ILUSTRASI. Daihatsu menilai tantangan di bisnis otomotif tahun ini masih berputar pada persepsi masyarakat di tahun politik.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daihatsu Indonesia berharap gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan diadakan Februari 2024 mendatang semakin menggairahkan pasar otomotif nasional. 

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono menyatakan belum dapat menyampaikan ekspetasi penjualan ke depan. Dia pun masih enggan menyebut model-model mobil yang akan didisplay pada IIMS mendatang.

Penjualan mobil-mobil pabrikan Daihatsu sepanjang 2023 menembus angka 194.108 unit. Penjualan Daihatsu naik 2,9% secara year to year (YoY). Kenaikan ini terjadi usai penjualan mobil Daihatsu pada 2022 berada di angka 188.660 unit.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 didominasi oleh tiga model, seperti Astra Daihatsu Sigra sebanyak 63.285 unit (32,6%), di posisi kedua Gran Max PU  43.896 unit (22,6%); dan Terios dengan raihan 24.785 unit (12,8%).

Baca Juga: Gelar IIMS Februari 2024 Mendatang, Dyandra Hadirkan Pertunjukan Musik Infinite Live

Daihatsu menilai tantangan di bisnis otomotif tahun ini masih berputar pada persepsi masyarakat di tahun politik. Menurut Tri, ada kecenderungan pelanggan untuk menahan daya beli, khususnya kendaraan bermotor roda empat.

Faktor lainnya yang mempengaruhi adalah kondisi sosial ekonomi masyarakat dan juga kondisi non performing loan pada lembaga pembiayaan, dimana pembelian Daihatsu secara kredit kurang lebih 80%.

"Menyikapi hal ini Daihatsu tetap akan fokus untuk dapat memberikan layanan yang terbaik, baik dalam hal penjualan unit baru ataupun dalam perawatan kendaraannya, melalui program-program yang menarik," ujar Tri kepada Kontan.co.id, Minggu (21/1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×