kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.714.000   12.000   0,71%
  • USD/IDR 16.410   37,00   0,22%
  • IDX 6.658   -7,45   -0,11%
  • KOMPAS100 946   -4,51   -0,47%
  • LQ45 743   -5,27   -0,70%
  • ISSI 209   1,33   0,64%
  • IDX30 387   -2,81   -0,72%
  • IDXHIDIV20 464   -3,50   -0,75%
  • IDX80 108   -0,60   -0,56%
  • IDXV30 110   -0,50   -0,45%
  • IDXQ30 127   -0,96   -0,75%

Daihatsu, Toyota, Honda dan Hyundai Siap Memacu Penjualan di Momen Ramadan & Lebaran


Kamis, 13 Maret 2025 / 06:26 WIB
Daihatsu, Toyota, Honda dan Hyundai Siap Memacu Penjualan di Momen Ramadan & Lebaran
ILUSTRASI. Sejumlah produsen kendaraan bermotor menggenjot penjualan di periode Ramadan dan Lebaran


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri menjadi momentum bagi sejumlah pabrikan dan dealer mobil untuk memacu penjualan. Momentum ini bisa menjadi pendongkrak penjualan mobil pada bulan Maret 2025.

Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengungkapkan, secara historis, penjualan Honda menjelang Ramadan hingga Lebaran mengalami kenaikan sekitar 10%-20%. Mobil yang paling laris biasanya adalah segmen entry level seperti Honda Brio dan model Sport Utility Vehicle (SUV). 

Yusak berharap tren positif bakal berlanjut pada ramadan dan lebaran tahun ini, meski pasar otomotif masih belum stabil, sejalan dengan daya beli masyarakat.

"Penjualan bulan Maret masih kami monitor, namun kami memproyeksikan ada peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya karena didorong momentum Lebaran," ungkap Yusak kepada Kontan.co.id, Rabu (12/3).

Marketing and Customer Relation Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono mengungkapkan data historis penjualan unit Daihatsu secara retail sales mengalami tren kenaikan pada momentum Ramadan dan Lebaran. Rata-rata naik sekitar 10%-15% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca Juga: Penjualan Mobil Nasional Meningkat pada Februari 2025

Sigra, Ayla, Terios, Xenia, dan Rocky, biasanya menjadi mobil Daihatsu yang paling banyak dicari. "Hal ini terkait dengan meningkatnya kebutuhan dari masyarakat terhadap kendaraan berpenumpang untuk mengakomodasi kegiatan mudik," ungkap Tri.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengamini momentum Ramadan dan Lebaran menjadi salah satu stimulus yang konsisten bagi pasar. Model yang banyak diminati adalah 7-seater Multi Purpose Vehicle (MPV) dan SUV, serta jenis city car. Meliputi Kijang Innova, Avanza & Veloz, Rush, Calya, dan Agya.

Tetapi Anton belum menaksir perkiraan kenaikan penjualan Toyota pada ramadan kali ini, yang bertepatan dengan bulan Maret. Sebab, kemungkinan pembelian mobil oleh konsumen sudah ditarik lebih awal pada bulan Februari lalu.

Apalagi dengan adanya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) dan insentif untuk mobil hybrid. "Namun, tidak menutup kemungkinan penjualan bulan Maret masih akan positif memasuki momen Lebaran," ungkap Anton.

Operation General Manager Hyundai Gowa, Chitra Ortho Prayundityo turut melirik ramadan dan lebaran sebagai salah satu momentum untuk mendongkrak penjualan.

"Di bulan Maret kami prediksi akan ada kenaikan. Ini bisa jadi salah satu momen tertinggi selain Desember. Tapi belum bisa kami bandingkan (peningkatannya) sebelum closing," kata Chitra.

Tergantung Daya Beli

Sementara itu, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara berharap tingkat penjualan mobil akan melanjutkan kenaikan pada bulan Maret ini. Pendorongnya adalah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang sebelumnya didapat dari gelaran IIMS bulan lalu, serta tambahan dari penjualan menjelang Lebaran.

Namun, Kukuh mewaspadai ganjalan dari daya beli yang lesu, terutama di kalangan kelas menengah.

Baca Juga: Penjualan Mobil Bekas Jelang Lebaran Diprediksi Lebih Ngegas! Merek Ini Banyak Dicari

"Mudah-mudahan (penjualan di bulan Maret) lebih baik dibandingkan Februari. Tapi setelah itu perlu waspada, bisa saja turun. Kelompok kelas menengah yang jumlahnya banyak daya belinya menurun. Jadi masih cukup berat," ungkap Kukuh.

Sampai dengan Februari 2025, tingkat penjualan mobil secara wholesales maupun retail sales masih lesu jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun secara bulanan, penjualan mobil mengalami kenaikan. 

Penjualan wholesales naik 16,73% dari 61.932 unit di Januari menjadi 72.295 unit pada Februari. Sedangkan penjualan retail sales secara bulanan naik 9,12% dari 64.029 unit menjadi 69.872 unit di Februari 2025.

Selanjutnya: Kode Redeem ML Hari ini 13 Maret 2025, Bisa Klaim di Mobile Legends Code Exchange

Menarik Dibaca: Promo Superindo 13 Maret 2025, Nata De Coco-Biskuit Regal Kaleng Diskon 30%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×