Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ramadan menjadi masa panen pebisnis, termasuk e-commerce. Makanya, sepanjang Ramadan kemarin, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis. termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri,
Upaya bersama tersebut mengundang tingginya antusiasme masyarakat dalam merayakan Ramadan. Nah, ada beberapa temuan menarik Tokopedia terkait tren belanja masyarakat sepanjang Ramadan. "Data internal Tokopedia menyebutkan, kategori makanan dan minuman, rumah tangga, kesehatan dan elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadan," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, Rabu (3/6). Pada kategori makanan dan minuman, kurma, olahan daging, buah-buahan seperti jeruk dan alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk paling laris. .
Sebelumnya, Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal. Dampaknya terasa
Kini lebih dari 80% penjualan pelaku usaha berasal dari pemesanan online lewat Tokopedia. “Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah PSBB selama Ramadan. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori rumah tangga,” jelas Nuraini.
Selama Ramadan di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pola masyarakat dalam bekerja hingga mencari hiburan pun cenderung bergeser. Data internal Tokopedia memperlihatkan, pada kategori elektronik, earphone, lampu bohlam dan speaker adalah produk yang paling diburu.
Selain itu, kategori kesehatan masih menjadi salah satu kategori yang meningkat signifikan. Produk paling diminati mencakup vitamin, peralatan P3K dan masker mulut. Tokopedia sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan para desainer lokal untuk mengampanyekan penggunaan masker kain untuk menekan laju penyebaran pandemi corona.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News