kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dell Kuasai 5,8% Pasar Laptop


Rabu, 16 Juni 2010 / 12:26 WIB
Dell Kuasai 5,8% Pasar Laptop


Reporter: Gloria Haraito | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Lembaga riset International Data Corp (IDC) Indonesia mencatat, pasar PC di Indonesia sepanjang kuartal satu kemarin tumbuh 76% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Peningkatan tersebut dipicu dengan membaiknya daya beli konsumen serta turunnya harga notebook secara signifikan. Adapun total PC yang terjual di periode tersebut mencapai 1,2 juta unit. Sebanyak 326.600 unit merupakan PC segmen komersial. Sementara sebanyak 836.500 unit berasal dari segmen konsumer.

"Dalam hal ini, Dell termasuk lima vendor terbesar," ungkap Tie Lily, Direktur Usaha Kredit Menengah (UKM) Dell Indonesia, kepada KONTAN. Pangsa pasar Dell sendiri di segmen komersial dan konsumen mencapai 5,8% dengan pertumbuhan sebesar 112,7%. Menurut Lily, pertumbuhan yang signifikan ini disebabkan keagresifan Dell dalam menawarkan pilihan notebook, khususnya untuk segmen UKM.

Lily mengatakan, perusahaan sudah menjajal pasar UKM sejak dua tahun silam. Setelah dua tahun belakangan segmen UKM lesu akibat hantaman krisis, Lily optimis tahun ini permintaan pasar UKM kembali memadati industri laptop. Permintaan PC dan laptop dari segmen UKM ini akan mulai menanjak seiring dengan kebutuhan mereka akan kinerja yang cepat serta tepat.

"Demi meraih kesuksesan, UKM perlu solusi teknologi yang tidak rumit, namun tetap handal dengan harga terjangkau," tutur Lily. Pelaku UKM biasanya menginginkan teknologi yang mendukung mereka lebih produktif dan bisa bersaing.

Karena itulah pekan lalu Dell meluncurkan Vostro seri 3000 yang fokus menyasar segmen UKM. Sebelum melansir Vostro seri 3000, sebetulnya Dell telah lebih dulu meramaikan pasar laptop UKM lewat beragam produk. Produk ini antara lain Vostro 230, Vostro 430, dan Vostro V13. Berbeda dengan laptop yang ditujukan untuk tujuan umum, laptop UKM menawarkan perlindungan data yang lebih tinggi dengan harga yang terjangkau.

Lily menambahkan, dibandingkan dengan merek laptop premium lain, Dell memiliki kelebihan di bidang layanan. Layanan pertama bisa dilihat dari segi garansi yang bisa diperpanjang dari garansi normal sekitar setahun hingga tiga tahun. Hal ini berguna agar perangkat tetap terlindung. Dell juga menyiapkan layanan on call jarak jauh. Lewat layanan ini, UKM bisa menerima bantuan lewat sistem DellConnect. Sistem ini menyediakan dukungan teknisi handal untuk menangani trobleshooting dan masalah laptop dari jarak jauh. Tak cuma itu. Dell juga melengkapi setiap pelanggan dengan layanan pelanggan ProSupport selama 24 jam penuh selama 7 hari dalam seminggu.

Ada pula pusat layanan yang tersebar di 222 kota di seluruh Indonesia. Imbuh Lily, Dell bisa menyediakan layanan OnSite pada tiap pelanggan. "Dalam layanan ini, pelanggan bisa menghubungi kami, lalu teknisi kami yang akan datang ke pelanggan memperbaiki keluhan yang terjadi pada perangkat," tutur Lily.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×