kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delos Berupaya Atasi Masalah Supply dan Value Chain Petambak Udang dengan Aqualink


Rabu, 06 Juli 2022 / 12:21 WIB
Delos Berupaya Atasi Masalah Supply dan Value Chain Petambak Udang dengan Aqualink
ILUSTRASI. Tambak udang Delos


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panen raya adalah waktu yang ditunggu-tunggu penambak udang. Maka, penting bagi petambak udang menguasai  proses value chain dan supply chain.
 
Bagi para petambak udang yang merupakan mitra Delos tak perlu khawatir. Startup aquatech tersebut mengantisipasi hal ini dengan salah satu layanannya, yakni AquaLink. Melalui AquaLink, Delos akan mengkonsolidasikan value chain dari hulu ke hilir. Mulaii pemilihan bahan baku seperti benur dan pakan, pemrosesan, pemasaran, jalur ekspor, hingga penjualan langsung ke pasar luar negeri seperti Jepang dan Amerika, yang tentunya bernilai lebih tinggi.

CEO Delos, Guntur Mallarangeng mengatakan, Delos memberikan solusi berbasis data untuk masalah sehari-hari petambak udang Saat ini, banyak permintaan dari berbagai wilayah agar Delos membantu mereka. Masih ada ribuan hektare tambak potensial yang dapat dikembangkan.

"Kami ngin mendorong Indonesia untuk sadar, lautan kita yang luas memiliki potensi besar untuk menjadi sumber penggerak ekonomi nasional yang besar dan berkelanjutan,’ ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (6/7). 

Harga jual udang menjadi tinggi ketika sudah berada di pasar luar negeri.  Hal ini menjadi salah satu alasan, petambak udang juga perlu memperhatikan supply chain atau rantai pasok yang terintegrasi ke pasar luar negeri. 

Delos  mengklaim, menghasilkan produktivitas panen 2-3 kali rata-rata industri. Dapat mengimplementasikan sistem pengelolaan tambak modern dan solusi rantai pasokan untuk meningkatkan produktivitas.

“Indonesia dapat bersaing di industri makanan laut internasional.  Asal petambak udang di Indonesia sudah dapat mengkonsolidasikan mulai dari proses awal, pemilihan benur, pakan, dan panen yang baik, serta pengemasan hingga ekspor ke Amerika dan Eropa," lanjut Guntur. 

AquaLink  bagian  strategi Delos untuk memacu pertumbuhan industri akuakultur.  Prospek usaha di bidang agrikultur menjadi salah satu industri akar rumput yang berperan besar untuk produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dan berkontributor cukup signifikan dari industri perikanan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×