kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demi produksi Blok Rokan, pemerintah bakal tanggung investasi Chevron


Kamis, 11 Juni 2020 / 10:54 WIB
Demi produksi Blok Rokan, pemerintah bakal tanggung investasi Chevron
ILUSTRASI. VP Supply Export Operation PT. Pertamina (Persero), Agus Witjaksono (depan) dan rombongan meninggalkan terminal seusai meninjau proses lifting perdana minyak mentah (crude oil) di Terminal Oil Wharf No.1 Pelabuhan PT. CPI di Dumai, Riau, Selasa (15/1/2019


Reporter: Filemon Agung | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi menghindari adanya penurunan produksi migas Blok Rokan . Pemerintah berjanji akan mengcover biaya investasi yang dilakukan oleh Chevron Pacifik Indonesia (PCI) sampai Agustus 2021.

Oleh karena itu, Chevron diminta untuk tetap mempertahankan investasinya di Blok Rokan sampai masa kontraknya berakhir pada Agustus 2021 mendatang.

Hal itu supaya, alih kelola dengan PT Pertamina (Persero) tidak menimbulkan anjloknya produksi migas seperti halnya yang dialami pada Blok Mahakam.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Kordinasi Kematritiman dan Investasi, Purbaya Yudhi Sadewa menyampaikan, untuk mencegah terjadinya penurunan produksi ketika alih kelola. Chevron diminta untuk tetap berinvestasi sampai Agustus tahun 2021.

Baca Juga: Pertamina bakal mengebor 44 sumur pasca alih kelola Blok Rokan Pertamina bakal mengebor 44 sumur pasca alih kelola Blok Rokan

"Kami hampir mendapatkan kesempatan di mana Chevron bisa terus investasi. Tapi mereka maunya mengeluarkan capital dengan bunga 0% untuk menjaga tingkat produktifitas di Blok Rokan," terang Purbaya.

Adapun negosiasi untuk Chevron tetap melanjutkan investasi itu sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir. Pihaknya juga akan kembali membahas perihal ini, pada Kamis (11/6) dengan Chevron dan SKK Migas dan Kementerian terkait. Diharapkan, pada rapat tingkat menteri tersebut, kelanjutan investasi Chevron di Blok Rokan bisa diputuskan.

"Dalam artian Chevron bisa melanjutkan drilling. Dan Costnya dicover pemerintah dalam bentuk cost recovery. Yang penting kita harus menjaga level produksinya jangan sampai turun lagi," terangnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×