kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diikuti 3.267 orang di hari pertama, Pertamina SMEXPO 2020 tuai pujian


Kamis, 10 September 2020 / 09:49 WIB
Diikuti 3.267 orang di hari pertama, Pertamina SMEXPO 2020 tuai pujian
ILUSTRASI. Petugas memeriksa sistem pengisian BBM di tangki pendam usai peresmian penerimaan perdana bahan bakar minyak (BBM) dengan Automatic Tank Gauge (ATG) Custody Transfer di tangki pendam Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Senin (1/9). Melal


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran fenomenal Pertamina SMEXPO 2020 sudah dimulai sejak Rabu (9/9). Tercatat, sudah lebih dari 3.267 orang yang mendaftar di hari pertama.

Bahkan, 4 pejabat negara ini pun ikut mengapresiasi dan ramai-ramai mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran virtual UMKM dengan pilihan produk terbanyak di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada pembukaan Pertamina SMEXPO 2020 pada Rabu (9/9). Ia langsung mengapresiasi gelaran ini lantaran dapat menyelamatkan UMKM dari dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Diikuti 100 UMKM, Pertamina SMEXPO 2020 resmi digelar

“Pertamina sudah membuktikan dukungannya, mulai dari memberi pinjaman modal, membantu pemasaran, dan sekarang mengadakan pemasaran virtual berupa Pertamina SMEXPO 2020. Ini adalah salah satu terobosan penting agar UMKM bertahan,” katanya dalam siaran pers yang dikutip Kontan.co.id, Kamis (10/9).

Tak ketinggalan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga memuji kepedulian PT Pertamina (Persero) yang menyelenggarakan acara ini sebagai ajang bisnis UMKM.

“Saat kondisi pandemi ini, banyak UMKM terseok-seok, melalui Pertamina SMEXPO 2020, maka dapat membantu UMKM untuk bangkit dan produktif menangkap peluang. Mereka belajar untuk adaptasi dengan kebiasaan baru dan menjalankan pola bisnis yang berubah. SMEXPO juga memperluas akses pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Rasa cinta terhadap produk dalam negeri pun semakin tinggi. Ini adalah kontribusi terhadap program nasional, yakni Bangga Buatan Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio juga berharap, acara ini dapat menjadi ajang promosi untuk produk lokal Indonesia.

“Selamat atas terselenggaranya Pertamina SMEXPO 2020. Dengan memanfaatkan teknologi di masa new normal, acara ini bisa menjadi wadah untuk mempromosikan produk dari daerahnya masing-masing," ucapnya.

Dukungan serupa juga datang dari Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Ia mendukung penuh Pertamina yang merupakan BUMN terbesar dalam peran aktifnya mendukung UMKM Indonesia.

“Ini adalah langkah untuk mendukung pelaku UMKM agar ekonomi masyarakat bangkit dari pandemi. Pertamina sejak lama menunjukan komitmen untuk mendukung UMKM agar berdikari. Dari kegiatan ini, Pertamina melakukan terobosan agar UMKM melek digital. Pemberdayaan UMKM dapat tetap dilakukan, jangkauan pasar jadi luas, bukan saja pasar domestik tapi juga mancanegara,” tambahnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan dukungan penuh dari stakeholder menjadi kunci dalam upaya Pertamina membantu UMKM Indonesia. Ini mengingat untuk membangun UMKM, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak.

Menurutnya, Pertamina terus berkomitmen kuat untuk mendorong usaha kecil kita agar berperan dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan menggelar Pertamina SMEXPO 2020, pihaknya menghadirkan pameran virtual yang mempertemukan UMKM dengan pembeli potensial dari dalam dan luar negeri. Alhasil, ini akan jadi ajang bagi UMKM untuk mengembangkan wawasan.

"Ajang Ini juga menjadi motivasi bagi UMKM untuk adaptif dan semakin cepat menangkap peluang pasar digital serta meningkatkan cinta terhadap produk dalam negeri. Mari kita cintai produk lokal sehingga kita bisa keluar sebagai pemenang membawa Indonesia maju,” pungkas Nicke.

Baca Juga: Pertamina lakukan efisiensi dan jaga produksi migas agar kinerja kian baik

Seperti diketahui, Pertamina SMEXPO digelar mulai tanggal 9-11 September 2020. Acara ini menghadirkan 1.226 pilihan produk dari 100 UMKM mitra binaan Pertamina.

Uniknya, keseluruhan rangkaian acara ini digelar secara virtual. Mulai dari pameran, coaching business, business forum, fashion show, hingga transaksi jual beli dapat dilakukan langsung di platform digital dengan mengakses website www.pertaminasmexpo.com.

Beberapa kelompok produk yang tersedia mulai dari kerajinan (craft), kuliner (food & beverage), produk agrobisnis, hingga fashion. Pengunjung dapat melihat-lihat produk, bercakap-cakap (chat) dengan penjual, hingga bertransaksi langsung dengan aman dan nyaman. Selain itu, ada juga penampilan artis dan games seru yang diadakan setiap hari.

Jika masih penasaran dengan serunya Pertamina SMEXPO 2020, silakan kunjungi dan daftar di www.pertaminasmexpo.com sekarang juga tanpa dipungut biaya alias gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×