kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,86   4,52   0.66%
  • EMAS909.000 -0,87%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Dipatok US$ 6 per mmbtu, penurunan tarif gas pada setiap perusahaan bisa bervariasi


Jumat, 21 Februari 2020 / 23:22 WIB
Dipatok US$ 6 per mmbtu, penurunan tarif gas pada setiap perusahaan bisa bervariasi
ILUSTRASI. Pekerja mencatat tekanan gas di mesin pembakaran keramik di pabrik Roman Ceramic Balaraja Banten, Kamis (9/3). Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mencatat sudah ada enam pabrik keramik di Pulau Jawa yang stop produksi karena kalah bersaing

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah menjanjikan penurunan tarif gas industri ke level US$ 6 per mmbtu. Nantinya, fasilitas diskon harga gas ini akan bisa dinikmati oleh pelaku usaha di tujuh sektor, yakni pupuk, petrokimia, oleochemical, industri baja, industri keramik, industri kaca, dan industri sarung tangan karet.

Meski begitu, hal ini tidak berarti bahwa setiap pelaku usaha yang berada di dalam tujuh sektor tersebut akan mendapatkan tarif gas di level yang sama.

Baca Juga: Penurunan harga gas bisa dorong industri jadi lebih ekspansif

Kepala Sub-Direktorat Industri Hasil Perkebunan Non-Pangan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Lila Harsyah Bakhtiar mengatakan bahwa meski angka US$ 6 per mmbtu dijadikan sebagai acuan, penurunan tarif gas yang dinikmati di ketujuh sektor bisa saja berbeda di antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Hal ini dikarenakan oleh adanya sejumlah aspek yang dapat menimbulkan variasi biaya di antara satu perusahaan dengan yang lainnya.

“Contoh misalnya ada perusahaan yang lokasinya di Medan. Di Medan itu enggak ada  sumber gas, dia dapat gasnya itu dari gasifikasi di Arun, pasti harganya enggak bisa turun lebih banyak dong,” ungkap Lila ketika ditemui pada Rabu (19/02).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×