kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirjen Migas: Inpex harus cari pembeli gas dulu


Senin, 23 Desember 2013 / 12:21 WIB
Dirjen Migas: Inpex harus cari pembeli gas dulu
ILUSTRASI. IHSG diperkirakan masih berpotensi menguat terbatas.. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.


Reporter: Ranimay Syarah | Editor: Azis Husaini

JAKARTA. Permintaan perpanjangan kontrak Blok Masela oleh Inpex Corporation, perusahaan migas asal Jepang, sepertinya belum digubris oleh Pemerintah. Sekedar mengingatkan, masa kontrak Inpex di Blok Masela akan habis tahun 2028 dan hingga kini juga belum beroperasi, namun, sejak awal tahun ini, Inpex sudah mengajukan perpanjangan kontrak selama 20 tahun.

Asal tahu saja, jika Pemerintah mengabulkan perpanjangan kontrak Inpex di Blok Masela, maka Pemerintah akan melanggar PP No. 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, khususnya Pasal 28 butir 5. Di sana dinyatakan, perpanjangan kontrak hanya bisa dilakukan 10 tahun atau 2 tahun sebelum masa kontrak berakhir. Lalu Pasal 28 butir 6 berbunyi, bagi kontraktor migas yang ingin meminta perpanjangan kontrak harus memiliki ikatan jual beli gas.

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Edy Hermantoro menyampaikan, pemerintah masih mendiskusikan permintaan Inpex dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIgas). "Sebab, pembeli gas dari Masela itu belum ketahuan," ungkap dia, akhir pekan lalu.

Namun, kata Edy, produksi gas dari Blok Masela bakal mampu menambah pasokan gas domestik. "Soal pembeli, ESDM terus mendorong Inpex untuk mencari pembeli, keputusan soal perpanjangan kontrak Inpex di Masela tidak akan diputuskan tahun ini, kan habis kontraknya masih 2028," kata dia.
Edy juga tidak mau berandai-andai, apabila Inpex belum mendapatkan pembeli, apakah akan diperpanjang atau tidak. "Kita lihat soal alokasi gasnya dulu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×