kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,61   -6,20   -0.66%
  • EMAS936.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disrupsi Pandemi Covid-19 Dorong Sophie Paris dan BrunBrun Paris Ubah Strategi Bisnis


Sabtu, 15 Januari 2022 / 12:10 WIB
Disrupsi Pandemi Covid-19 Dorong Sophie Paris dan BrunBrun Paris Ubah Strategi Bisnis

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Disrupsi pandemi Covid-19 mendorong pendiri merek Sophie Paris dan BrunBrun Paris, untuk membuat sebuah gebrakan baru dengan mengubah strategi bisnis dan restrukturisasi jaringan bisnis fashion dan kecantikan miliknya.

Pendiri merek Sophie Paris dan BrunBrun Paris, Bruno Hasson menuturkan, datangnya pandemi mendorongnya untuk berpikir lebih jauh dari sekedar evolusi bisnis melalui transformasi digital, namun revolusi dalam cara berbisnis. 
"Guna mencapai pasar yang lebih luas lagi kami mencoba untuk melakukan ekspansi bisnis di berbagai segmen dengan mendirikan pabrik manufaktur produk kosmetik dan kecantikan kulit, serta mendirikan bisnis baru di segmen solusi gudang dan logistik,” jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (15/1).

Karenanya, awal Desember kemarin Sistersel membuka toko pertamanya di Mal Kota Kasablanka dan siap membuka lebih dari 200 toko di tahun 2022. Akan ada 50 toko fisik BrunBrun Paris yang diubah menjadi Sistersel. Sebelumnya, situs belanja Sistersel sudah beroperasi pada tahun lalu.

PT Omnichannel Retail Indonesia (OMNI) yang merupakan induk perusahaan dan operator Sistersel, sebuah platform ritel berbasis Direct to Consumer (D2C) bertujuan untuk menjadi sebuah wadah dan memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat memulai bisnis online secara mudah dengan menjadi dropshipper, reseller, dan social seller di dalam kenyamanan rumah. Sistersel memiliki konsep offline store atau toko fisik yang menawarkan lebih dari 50 merek kosmetik di Indonesia serta berbagai macam produk unggulan BrunBrun Paris dan Sophie Martin.

Baca Juga: Sophie Paris patok penjualan tumbuh 30% tahun ini

Menurut Bruno, Sistersel bukan hanya sekedar strategi rebranding BrunBrun Paris akibat munculnya tantangan yang dihadapi bisnis ritel sejak pandemi. Namun, perubahan ini merupakan langkah konkrit perusahaan untuk lebih maju dengan menggabungkan kesuksesan konsep merek BrunBrun Paris dengan Sophie Paris menjadi sebuah solusi satu atap berbentuk platform belanja daring untuk penuhi kebutuhan penampilan masyarakat Indonesia.

“Masih sedikitnya retail di Indonesia yang menjual produk berkualitas dengan harga terjangkau menjadi ide awal terbentuknya Sistersel," paparnya.

Di tahun 2020, Bruno juga mendirikan pabrik manufaktur produk kosmetik dan kecantikan kulit PT Formula Jelita Internasional (FJI). Sebelumnya, pabrik tersebut khusus untuk memproduksi merek Sophie Martin dan BrunBrun Paris, namun melihat peluang pasar dari berkembangnya industri kosmetik dan produk perawatan kulit lokal, kini Formula juga menjadi produsen bagi pemilik merek perawatan kulik lokal.

Formula berperan dalam merancang merek untuk pelaku bisnis kecantikan dari konsep hingga barang jadi. Saat ini Formula sudah memiliki klien dari beberapa merek lokal terkenal.

Dia menyebut, melihat prospek pasar yang sangat positif, saat ini Formula sedang membangun fasilitas pabrik baru di Sentul Industrial Estate dengan modal US$ 10 juta. "Pengembangan fasilitas pabrik baru ini bertujuan untuk menggapai visi kami dalam membawa teknologi terbaru dari Perancis untuk turut memajukan bisnis kosmetik dan perawatan kulit di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga: Garap segmen digital, Sophie Paris gelontorkan US$ 2 juta

Bruno juga mendirikan bisnis segmen solusi gudang dan logistik melalui PT Flexofast Indonesia. Berbekal sistem manajemen pergudangan yang kuat, Flexofast berkomitmen untuk membantu seluruh pemain bisnis eCommerce baik skala besar maupun kecil dengan pengelolaan rantai pasokan dari proses barang masuk, manajemen stok, proses barang keluar, pengiriman barang, hingga kustomisasi kemasan.

“Layanan ekspedisi kami menghubungkan pengirim dan penerima barang dengan sistem yang terintegrasi. Kami juga memberikan solusi manajemen platform yang lengkap untuk marketplace, media sosial dan website. Untuk bisnis makanan daring, solusi logistik kami akan memberikan kemudahan penyimpanan stok dan pengiriman,” tutup Bruno.

Selanjutnya: 12 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan: Menyehatkan Jantung dan Kurangi Kolesterol

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×