Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tekanan pasar otomotif nasional akibat penurunan daya beli masyarakat, BMW Group Indonesia justru mencatatkan kinerja positif dan berhasil mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar kendaraan premium di Indonesia.
President Director BMW Group Indonesia, Peter “Sunny” Medalla, mengungkapkan bahwa hingga akhir kuartal III 2025, pihaknya telah berhasil mengirimkan 1.795 unit kendaraan ke tangan konsumen.
Capaian tersebut memperkuat posisi BMW sebagai raja di segmen mobil mewah Tanah Air.
Baca Juga: BMW Optimistis Penjualan Tumbuh Usai Tarif CBU Eropa Dihapus Bertahap
“BMW Indonesia juga masih menjadi pemimpin di segmen otomotif premium hingga akhir kuartal ketiga tahun 2025,” kata Sunny dalam pembukaan “BMW Group Plaza Senayan Exhibition” di Jakarta, Jumat (17/10/2025).
Sementara itu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan mobil nasional pada Januari–September 2025 hanya mencapai 561.819 unit, atau turun 11,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Meski secara keseluruhan pasar tertekan, segmen mobil premium masih mencatatkan pertumbuhan.
Menurut Sunny, hal ini menunjukkan konsumen di kelas atas semakin selektif, namun aktif mencari kendaraan yang menggabungkan kemewahan, teknologi tinggi, serta efisiensi dan performa.
“Angka ini bukan hanya soal penjualan, tetapi mencerminkan kepercayaan ribuan pelanggan terhadap BMW di Indonesia,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, seluruh lini model BMW dari Series 2 hingga Series 7 masih mendominasi di segmennya masing-masing.
Untuk menggenjot performa hingga akhir tahun, BMW menggulirkan berbagai strategi pemasaran dan promosi, salah satunya melalui gelaran BMW Group Plaza Senayan Exhibition yang berlangsung 17–19 Oktober 2025.
“Mulai hari ini kami akan melakukan serangkaian kegiatan. Kami mulai dengan pameran di Plaza Senayan,” ujarnya.
Dalam pameran tersebut, BMW menampilkan lima model dari sub-brand BMW dan MINI, antara lain: BMW X7, BMW M2 Coupé, BMW i5, MINI Cabrio, dan MINI Countryman Electric. Semua model mengusung tema besar tahun ini: “Driven by JOY. For Every Road Ahead.”
Baca Juga: BMW Tambah Diler Baru di PIK 2 dengan Investasi Lebih dari Rp 200 Miliar
Sunny juga menekankan bahwa sebagian besar kendaraan BMW saat ini telah dirakit secara lokal di fasilitas BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Produksi lokal ini dinilai turut mendorong transfer teknologi serta kontribusi terhadap perekonomian nasional.
“Kami tidak hanya menghadirkan kendaraan sporty premium, tapi juga turut mencetak generasi unggul di industri otomotif nasional,” jelas Sunny.
Dalam pameran ini, BMW juga memberikan beragam program pembiayaan menarik, sehingga konsumen dapat lebih mudah memiliki kendaraan impian mereka, termasuk lini kendaraan listrik terbaru dari BMW dan MINI.
Selanjutnya: Acset Indonusa (ACST) Jual Bisnis Maritim Rp 20 Miliar, Fokus ke Konstruksi Inti
Menarik Dibaca: Rekomendasi HP RAM 12 GB yang Punya Banyak Fitur Unggulan, Baca Ulasannya di Sini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News