kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong penggunaan mobil listrik, PLN tampilkan SPKLU di IIMS 2019 Surabaya


Jumat, 01 November 2019 / 16:42 WIB
Dorong penggunaan mobil listrik, PLN tampilkan SPKLU di IIMS 2019 Surabaya
PLN hadirkan SPKLU di IIMS 2019


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Untuk pertama kalinya, PLN menjadi sponsor pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang diselenggarakan di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur pada 30 Oktober – 3 November 2019.

Selain untuk mengenalkan teknologi kendaraan bermotor listrik kepada masyarakat,  kehadiran PLN di ajang pameran bertaraf internasional ini bertujuan mendorong Peraturan Presiden (Perpres) Nomor  55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battey Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga: Risco DPS jadi role model infrastruktur LNG skala kecil di Indonesia

“PLN sebagai agen pemerintah berkewajiban mendorong terlaksananya percepatan program kendaraan bermotor listrik di Tanah Air,” kata General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur, Bob Saril di Surabaya, Rabu (31/10).  

Dirinya menyebutkan, animo masyarakat terhadap kendaraan bertenaga listrik  sangat besar karena memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional.

Kelebihan tersebut antara lain dalam hal penggunaan baterai, dimana biaya operasionalnya lebih hemat. Kendaraan bertenaga listrik relatif aman dikendarai dan pemeliharan (maintenance) nya lebih mudah. Di samping itu, tidak ada emisi gas buang sehingga kendaraan sangat ramah lingkungan.  

Baca Juga: Setelah Dirut Antam, kini nama Orias Moedak digadang menduduki Dirut MIND ID

“Animo masyarakat yang besar ini semestinya pula direspon positif oleh perusahaan pabrikan untuk menyediakan kendaraan listrik secara massal,” kata Bob. Ia menambahkan, “Penyelenggaraan IIMS 2019 ini menjadi ajang yang tepat untuk mengenalkan teknologi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kepada masyarakat.”
 
SPKLU di Booth PLN

Dukungan PLN untuk mengedukasi mobil bertenaga listrik kepada masyarakat dielaborasikan dengan menampilkan replika Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station pada booth PLN di IIMS Surabaya 2019.

Tujuannya agar masyarakat paham betul, bahwa program pemerintah menggalakkan kendaraan bertenaga listrik secara infrastruktur telah disiapkan. 

Secara pasokan listrik, PLN telah siap. Kami sedang siapkan infrastruktur untuk menunjang kendaraan bertenaga listrik. Selain di charging station, pemilik kendaraan listrik sebenarnya juga dapat men-charge di mana saja, termasuk di rumah. 

Baca Juga: Catat! Peluang Tarif Listrik Bakal Naik Kian Membesar premium

"Jadi tidak harus di SPKLU. Ini juga yang diedukasikan kepada pengunjung yang datang ke booth PLN, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bertenaga listrik seperti kekhawatiran kelangkaan station pengisian, pasokan listrik yang terbatas, hingga persoalan teknologi yang kurang familiar."

Saat ini SPKLU yang telah diresmian berlokasi di Tangerang, Bali Selatan, Jakarta, dan Bandung. SPKLU merupakan bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden No.55 tahun 2019. Jumlah SPKLU secara bertahap akan terus ditambah hingga tersebar merata secara nasional. Dalam kesempatan itu, PLN memamerkan mobil jenis sedan dan motor  yang telah mengusung teknologi bertenaga listrik.

“Edukasi ini kami harapkan dapat memberi pemahaman, sekaligus merangsang masyarakat memiliki kendaraan bertenaga listrik. Kalau permintaan pasar terhadap kendaraan bertenaga listrik  tinggi, otomatis akan direspon pabrikan dengan memproduksinya secara masif,” tutur Bob Saril.  

Baca Juga: Ada apa dengan konsorsium PLTGU Jawa 1? Ginanjar dicopot dari Dirut Pertamina Power

Tak kalah menarik, IIMS juga menampilkan mobil balap formula Sapuangin karya mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang  berhasil  memenangi Drivers’ World Championship (DWC) Grand Final London 2018.  

Team Sapuangin fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula yang karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-6. Para pengunjung dapat melihat langsung mobil karya anak bangsa, yang berhasil mengukir prestasi di kancah balap formula internasional.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×