kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Startup Lokal Naik kelas, Kemenkominfo Helat HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali


Senin, 05 September 2022 / 13:25 WIB
Dorong Startup Lokal Naik kelas, Kemenkominfo Helat HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali
ILUSTRASI. HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kem


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Pemerintah berkomitmen mendorong perusahaan rintisan alias startup dalam negeri untuk lebih berkembang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat acara HUB.ID Summit di Nusa Dua Bali yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 5-6 September 2022.

Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna mengatakan, HUB.ID Summit hadir sebagai pengembangan program-program yang telah ada untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan skala bisnis startup. Sehingga berpeluang menambah startup dengan level unicorn dan decacorn.

"Kita ingin ke depan Indonesia juga punya startup yang besar yang klasifikasinya disebut unicorn dan decacorn. Untuk itulah kedua kalinya, tahun ini kita mengadakan HUB.id Summit ini," kata Adhiarna, Senin (5/9).

Baca Juga: Tumbuhnya Startup Unicorn di Indonesia Berpeluang Menghasilkan Tambahan Decacorn

HUB.ID Summit adalah pusat pertemuan bisnis antara startup digital, perusahaan modal ventura lokal dan global, industri, kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta mitra bisnis. Startup peserta HUB.ID Summit terdiri dari lima sektor, yaitu Enterprise & Government Tech, Social Commerce & SME Enabler, Agritech and Fisheries, Healthcare, dan Web 3.0.

Perhelatan HUB.ID Summit bertujuan memfasilitasi para peserta untuk melakukan promosi, berjejaring, bertemu investor dan mitra bisnis, serta meningkatkan skala bisnisnya. Berkaca dari HUB.ID tahun 2021, tercatat ada 16 startup yang sudah mendapatkan investasi baru yang mengikuti program akselerator dengan nilai investasi sebanyak US$ 16,650 juta.

Ketua Tim Business Matchmaking HUB.ID, Luat Sihombing menambahkan, HUB.ID Summit mempertemukan 80 startup baru Indonesia dengan 80 Venture Capital dan Business Partner. Terdiri dari berbagai sektor bisnis dan juga dari berbagai daerah.

"Pada hari ini kita menyelenggarakan mulai dari Confrence atau diskusi panel dan juga ada one one one bisnis matchmaking antara start up dan Venture Capital dan bisnis partner dan juga esok hari di mulai dengan Confrence dan dilanjutkan dengan siang one on one bisnis matchmacking," terang Luat.

Baca Juga: Startup Indonesia Sabet Penghargaan di G20 Digital Innovation Network

Luat berharap, perhelatan HUB.ID Summit ini bakal semakin meningkatnya eksposur terhadap starup digital Indonesia dan semakin membuka peluang sinergi bagi startup dan juga membuka akses start up digital.

Managing Partner Impactto, Italo Gani menambahkan, sebelum HUB.ID Summit dilakukan proses roadshow ke berbagai kota hingga ke Jepang dan Singapura. Peserta yang dapat mengikuti HUB.ID Summit juga telah disaring dan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. 

"Kita melakukan scoring dengan beberapa startup founders. Ini adalah startup founders yang sudah cukup prominent di situlah kita melihat. Jadi semua itu submit dan kita menilai. Karena kita mau fokus di early stage jadi ini adalah investor yang dipilih untuk pre seed sampai pre A jadi benar-benar early stage." kata Italo. 

Sekedar informasi, early stage adalah fase ketika sebuah startup sudah menghasilkan Minimum Viable Product (MVP). Di fase ini, sebuah startup belum menentukan model bisnis dan strategi marketing. Meski demikian, sudah ada beberapa user yang mulai menggunakan produknya.

"Hasil dari program ini yang kita harapkan Indonesia memiliki fundamental startup yang bagus dengan mempertemukan para startup ini dengan bisnis partner dan venture capital sehingga digital transformasi Indonesia berjalan dengan lancar," kata Italo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×