kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua Bulan Operasional, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Angkut 1 Juta Penumpang


Rabu, 27 Desember 2023 / 07:32 WIB
Dua Bulan Operasional, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Angkut 1 Juta Penumpang


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak mulai dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 lalu, jumlah penumpang Kereta Cepat “Whoosh” sudah tembus di angka 1 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, animo yang tinggi dari masyarakat menandakan kereta cepat sudah menjadi kebutuhan masyarakat. 

Baca Juga: PT KAI Catat 854.974 Penumpang Jarak Jauh dan Lokal Periode 22-25 Desember 2023

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat sangat tinggi. Whoosh hadir untuk menjawab kebutuhan konektivitas antar wilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/12).

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan rute Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. 

“Kehadiran kereta cepat telah menempatkan Indonesia melaju sejajar dengan negara maju. Transformasi dan inovasi yang telah diupayakan, kini telah dinikmati manfaatnya secara nyata,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, kehadiran kereta cepat tidak hanya memenuhi kebutuhan bertransportasi, tetapi juga memberikan efek berganda lainnya. 

Baca Juga: Permudah Akses ke Stasiun Tegalluar, Jam Operasional Exit Tol Padaleunyi Diperpanjang

Diantaranya menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, membuka lapangan pekerjaan, adanya alih teknologi yang dapat meningkatkan kualitas SDM nasional.

Menhub mengapresiasi PT KCIC atas capaian ini. Dia berharap pelayanan yang diberikan semakin baik ke depannya. 

"Saya juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari masyarakat yang telah menggunakan Whoosh. Naik Whoosh lebih cepat, tidak macet di jalan, dan mengurangi polusi,” ucap Budi Karya.

Berdasarkan data PT KCIC dari sistem tiketing mulai 17 Oktober sampai dengan 25 Desember 2023, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 1.028.216 orang. 

Baca Juga: Peningkatan Kendaraan ke Luar Jakarta hingga Saat Ini Masih dalam Batas Normal

Adapun jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan kereta Whoosh telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari, termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×