kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Dekarbonisasi, Lebih Dari 100 Korporasi Jepang Geber Proyek Bersih


Kamis, 04 Agustus 2022 / 15:06 WIB
Dukung Dekarbonisasi, Lebih Dari 100 Korporasi Jepang Geber Proyek Bersih
ILUSTRASI. PLTP Sarulla


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Jakarta Japan Club (JJC) bersama dengan Japan External Trade Organization (JETRO) telah merangkum kontribusi perusahaan Jepang dalam mewujudkan netralitas karbon di Indonesia dan menerbitkan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah Indonesia dalam rangka merealisasikan dekarbonisasi.

Menurut hasil survei ekonomi yang dilaksanakan tahun 2019 oleh JJC, nilai investasi perusahaan Jepang di Indonesia mencapai US$ 31 miliar selama 10 tahun, menciptakan lapangan kerja sebesar 7,2 juta orang, kontribusi ekspor mencapai 24,4% dari seluruh ekspor Indonesia, serta kontribusi terhadap PDB Indonesia menjadi 8,5%.

JJC yang terdiri dari 689 perusahaan anggota korporat di sekitar Jakarta dan 1.400 anggota perorangan kini melaksanakan survei pada kegiatan dekarbonisasi terhadap anggota korporatnya di Indonesia.

Saat ini, dapat dikonfirmasi bahwa dari 122 perusahaan Jepang yang terdata, terdapat 340 proyek dekarbonisasi yang sedang berlangsung maupun yang sedang dirancang. 

Hasil survey ini merupakan hasil sementara dan akan bertambah ke depannya. Pada dasarnya, proyek dekarbonisasi yang banyak dilakukan di Indonesia oleh perusahaan Jepang meliputi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kemudian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS), elektrifikasi kendaraan, penanaman pohon (CSR), dan sebagainya.

Ketua Gugus Tugas Netral Karbon JJC, Susumu Matsuda yang juga merupakan ketua divisi korporat JJC mengatakan dalam melaksanakan penanggulangan perubahan iklim di tingkat nasional, dibutuhkan upaya yang selaras dengan ketahanan energi, pemeliharaan dan penguatan daya saing industri, serta realisasi pertumbuhan ekonomi. 

"Berbekal pengalaman,ilmu dan teknologi dari masing-masing perusahaan anggota JJC, kami akan terus berusaha untuk ikut serta dalam mensukseskan Indonesia mewujudkan target netralitas karbon pada tahun 2060," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Rabu (8/4).

Selain program dekarbonisasi, perusahaan anggota JJC juga telah lama aktif berkontribusi di Indonesia dalam berbagai bidang seperti investasi, ketenagakerjaan, SDM, ekspor, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×