kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Industri Tambang & Sektor Lain, Sucofindo Bangun Lab di Site Buli Maluku Utara


Rabu, 05 Juni 2024 / 20:09 WIB
Dukung Industri Tambang & Sektor Lain, Sucofindo Bangun Lab di Site Buli Maluku Utara
ILUSTRASI. Labolatorium Sucofindo di Site Buli Halmahera Timur


Reporter: Vina Elvira | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT SUCOFINDO resmikan laboratorium Site Buli di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Site ini merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan dan kemajuan ekonomi di Kabupaten Halmahera Timur, dan Maluku Utara secara luas melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC) PT SUCOFINDO.

Kepala SubDirektorat Layanan Sumber Daya Alam PT SUCOFINDO Nur Efendi mengatakan bahwa dengan kehadiran laboratorium PT SUCOFINDO Site Buli mampu mendukung dan berkontribusi pada perkembangan industri pertambangan dan pengolahan, pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, pemerintahan dan lainnya, yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

“Kami mampu mendukung Halmahera Timur berdaya saing dengan  layanan Testing, Inspection, and Certification (TIC) tak hanya berfokus di sektor pertambangan,” ungkap Nur Efendi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6). 

Dia melanjutkan, site ini juga dapat terintegrasi dengan layanan lainnya di SUCOFINDO Cabang Makassar dan Kantor Pelayanan Manado, yaitu Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN); Konsultansi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

Lalu layanan public services, layanan inspeksi, pengujian, serta layanan lingkungan lainnya, Industri Hijau dan karbon kredit (sesuai dengan peranan SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK). 

Khusus di sektor pertambangan, Vice President SBU Mineral PT SUCOFINDO Paolo Manurung menambahkan bahwa kehadiran SUCOFINDO, secara khusus di Maluku Utara dapat mendukung pelaku usaha di industri tambang dengan mengedepankan tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices). 

“Tercatat terdapat 125 IUP di Maluku Utara, dan melalui kehadiran SUCOFINDO di Maluku Utara, seperti di Site Weda, Buli, dan Obi, mampu membantu para pelaku industri tambang, baik untuk kebutuhan eksplorasi, quality control, maupun tata niaga penjualan produk, salah satunya dengan pengembangan laboratorium onsite,” kata Paolo.

Laboratorium SUCOFINDO Site Buli ini juga menyediakan fasilitas preparasi dan pengujian yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral. 

Laboratorium Site Buli memiliki kapasitas pengujian sampel yang besar (mencapai kapasitas 12,000 sampel/ bulan) yang mampu memberikan hasil yang akurat dengan waktu lebih efisien. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×