kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup MIND ID Perkuat Kesetaraan Gender di Industri Tambang


Rabu, 01 Mei 2024 / 16:40 WIB
Grup MIND ID Perkuat Kesetaraan Gender di Industri Tambang
ILUSTRASI. Grup MIND ID perkuat kesetaraan gender di industri tambang


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Tak hanya fokus mengembangkan bisnis di industri energi, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) mengakui pentingnya memperkuat kesetaraan gender dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memberikan peluang yang sama bagi semua pegawai tanpa memandang gender. Hingga saat ini, Perseroan serta terus berupaya membangun budaya perusahaan yang mendukung peran wanita dalam sektor pertambangan dan mineral.

“Grup MIND ID berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai inklusi dan keberagaman dalam pengelolaan sumber daya manusia,” ucap Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (1/5).

Pertambangan selama ini memang dikenal sebagai industri yang didominasi oleh kaum pria. Namun, industri pertambangan terus berkembang semakin inklusif sehingga semakin banyak perempuan yang berpartisipasi di industri pertambangan.

“Meskipun sektor industri pertambangan dan logam identik dengan sektor yang didominasi oleh pria, namun Perseroan membuka peluang sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin bergabung, berkarya, dan bertumbuh bersama dengan Grup MIND ID,” ujar Heri.

Baca Juga: Dukung Peningkatan Nilai Tambah, MIND ID Manfaatkan Tren Perkembangan Teknologi

Grup MIND ID beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah Tbk. Sebanyak 10 persen pegawai di Grup MIND ID merupakan wanita dengan 16,22 persen di antaranya menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris ataupun direksi Grup MIND ID.

Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan MIND ID, Selly Adriatika berbagi cerita tentang perannya sebagai perempuan pejabat di induk perusahaan tambang milik negara serta peran perempuan secara umum.

“Di industri pertambangan saat ini, perempuan memiliki kesempatan berkarier jauh lebih besar dibanding sebelumnya, selama memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam berkarya,” imbuh Selly lebih lanjut.

Selly percaya bahwa budaya perusahaan yang menghormati keragaman, kesetaraan, dan inklusi atau diversity, sangat penting untuk inovasi yang berkelanjutan. “Inovasi teknologi di MIND ID, mempermudah perempuan dalam menjalankan tugas dan memberi nilai tambah untuk Indonesia,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Divisi Human Capital Management MIND ID, Inesyahana Assrifa. Menurutnya, MIND ID terus mendukung kesejahteraan gender bagi perempuan agar bisa memiliki kesempatan berkarier yang sama seperti kaum pria. “Dengan terus mengedepankan kesetaraan gender, kami proaktif menjaring serta memgembangkan talenta terbaik di industri pertambangan Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, SVP Division Head of IMMRI Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI) MIND ID Ratih Dewihandajani mengungkapkan pengalaman bekerja di industri pertambangan selama lebih dari 20 tahun bukan berarti tanpa tantangan.

“Setiap tantangan memberikan peluang. Dengan semangat berkontribusi dan dedikasi tinggi, setiap perempuan memiliki peluang yang sangat besar untuk turut memajukan bangsa dan mewujudkan mimpinya di manapun berkarya,” beber Ratih.

Baca Juga: Indonesia Issues New Mining Permit for Vale Indonesia (INCO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×