kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dukung MotoGP, PLN pastikan listrik di Mandalika terjamin


Jumat, 17 Januari 2020 / 17:42 WIB
Dukung MotoGP, PLN pastikan listrik di Mandalika terjamin
ILUSTRASI. Bentuk salah satu tikungan Mandalika MotoGP Street Circuit

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pasokan listrik di kawasan Mandalika aman demi pelaksanaan Moto GP 2021. Bahkan, PLN tengah menambah kapasitas gardu distribusi di kawasan tersebut sebesar 60 megawatt (MW). 

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penambahan daya dilakukan untuk mengantisipasi byar pet atau mati listrik di kawasan tersebut. 

"Kami mendapat laporan bulan lalu (di Mandalika) listriknya byar pet," ujarnya, di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (17/1). Darmawan menjelaskan daya mampu di kawasan Lombok sebesar 290 MW. 

Baca Juga: PLN targetkan penambahan kapasitas energi terbarukan 1,49 gigawatt tahun ini

Angka ini jauh lebih tinggi dari beban puncak di kawasan tersebut yang mencapai 243-250 MW. Namun, apabila salah satu gardu distribusi sedang mengalami perbaikan atau padam, maka daya mampu akan turun menjadi 250 MW. 

"Jadi pasokannya waktu itu turun jadi 250 mw, sedangkan beban puncaknya 243-250 mw. Begitu beban puncak jam 7 malam jeder, kelenger," kata Darmawan. 

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut kembali terjadi, PLN tengah melakukan penambahan kapasitas gardu sebesar 60 MW. Sehingga total daya mampu listrik di kawasan Lombok menjadi 350 MW.

"Ditambah lagi ada 30 MW micro hydro power yang nanti khusus kami swap dan kami alirkan ke Moto GP sehingga jadi green power," pungkas dia. (Rully R. Ramli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dukung Moto GP, PLN Pastikan Listrik di Kawasan Mandalika Tidak "Byar Pet".




TERBARU

Close [X]
×