kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung perbaikan lingkungan, Pertamina adakan uji emisi gratis di Jakarta


Senin, 06 Juli 2020 / 12:43 WIB
Dukung perbaikan lingkungan, Pertamina adakan uji emisi gratis di Jakarta
ILUSTRASI. Uji emisi


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) menilai bahwa udara yang bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat. Guna mendukung kualitas udara bersih, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III telah memberikan uji emisi gratis bagi pelanggan SPBU agar dapat berkontribusi menciptakan udara bersih.

Uji emisi gratis ini diadakan di SPBU 3110701 di Jalan Industri Raya Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (4/7) pukul 09.00 - 13.00 WIB lalu.

Bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Pertamina menargetkan konsumen kendaraan roda dua dan roda empat yang membeli jenis BBM apapun di SPBU dengan menunjukkan struk transaksi.

Baca Juga: Pertamina uji coba transaksi non-tunai di Surabaya sebagai protokol pencegahan corona

Bagi konsumen yang bertransaksi secara non-tunai dengan aplikasi MyPertamina akan mendapatkan merchandise menarik. Sementara bagi konsumen yang menginstal aplikasi MyPertamina dan Link Aja, maka berkesempatan memperoleh hadiah.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, program ini merupakan upaya Pertamina dalam mendorong masyarakat untuk senantiasa memperhatikan kondisi emisi gas buang kendaraan yang dimiliki.

Pasalnya, proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor menghasilkan banyak senyawa berbahaya yang dapat berakibat pada kesehatan tubuh.

"Karena itu melalui uji emisi ini, kami mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan udara Jakarta lebih bersih dengan menggunakan bahan bakar yang mengandung sulfur lebih sedikit, seperti Pertamax Series maupun Dex Series," terang Dewi dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (6/7).

Selain untuk menjaga kondisi kualitas udara, uji emisi juga berguna untuk mengetahui kondisi kendaraan.

Menurut Yusiono selaku Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. Ini mengingat emisi gas buang kendaraan bermotor berdampak hingga 75% terhadap pencemaran udara.

Baca Juga: Perluas penjualan produk, Pertamina dirikan satu unit Pertashop di Garut

Melalui program uji emisi, masyarakat diharapkan dapat mengetahui kondisi gas buang kendaraannya masih di ambang batas normal atau dalam kondisi membahayakan udara.

Pada kegiatan uji emisi ini, terdapat 6 unsur dalam gas buang kendaraan yang diukur yaitu senyawa Hidrokarbon (HC), Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), O2 (Oksigen), Nitrogen Oksida (NO), dan Lambda.

"Kolaborasi ini diharapkan bisa terus berkesinambungan dalam bentuk uji emisi secara periodik di SPBU, sehingga lebih banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya melaksanakan uji emisi," pungkas Yusiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×