kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung UMKM Melalui Optimalisasi Teknologi Digital, Peruri Gelar Digitalk


Kamis, 30 November 2023 / 19:33 WIB
Dukung UMKM Melalui Optimalisasi Teknologi Digital, Peruri Gelar Digitalk
Perum Peruri menggelar Digitalk: Digital Connect?, yaitu acara seminar digital dengan tema ?UMKM Go Digital: Sekedar Tren atau Modal Sukses Masa Depan?? pada Selasa, 28 November 2023 yang bertempat di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA - Perum Peruri, perusahaan penjamin keaslian dan penyedia produk digital, menggelar acara seminar digital bertajuk "Digitalk: Digital Connect" pada 28 November 2023 di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan. 

Acara ini merupakan inisiatif Peruri dalam mendukung perekonomian Indonesia, khususnya UMKM, sejalan dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia.

Kolaborasi antara Peruri dan Big Alpha menghadirkan narasumber dari Shopee Indonesia, Sevenpreneurs, dan Jasa Marga. Tujuan acara ini adalah memberikan informasi kepada UMKM mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan bisnis yang efektif, serta memberikan edukasi mengenai potensi dan risiko terkait teknologi digital.

Baca Juga: Lakukan Pembenahan Secara Signifikan, Peruri Raih Peringkat Gold di SNI Award 2023!

Peruri juga memperkenalkan layanan digitalnya yang dapat dioptimalkan oleh pelaku UMKM untuk mempermudah proses bisnis.

Dalam era digital, konsumen cenderung bergantung pada internet untuk berbelanja dan mencari informasi. UMKM yang tidak mengadopsi teknologi digital berisiko kehilangan peluang memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Digitalisasi juga memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar melalui pemasaran digital.

Teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi operasional UMKM, termasuk penggunaan tanda tangan dan stempel digital untuk mempercepat proses administrasi. Teguh Prasetyo, Senior Account Management Peruri, menyoroti tantangan yang dihadapi UMKM dalam era digitalisasi, seperti kurangnya pengetahuan dan keterbatasan sumber daya.

"Peruri, sebagai BUMN, memiliki keunggulan dalam fokus digitalisasi dan statusnya sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE)," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (30/11). 

Baca Juga: Peruri Raih Penghargaan Terbaik di Indonesia Digital Ecosystem Summit 2023

Layanan Peruri SHIELD menawarkan tanda tangan digital, stempel digital, dan meterai elektronik dalam satu platform untuk mempercepat proses administrasi UMKM.

Teguh menekankan pentingnya persiapan UMKM dalam mengimplementasikan teknologi digital dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memanfaatkannya secara optimal.

Secara keseluruhan, teknologi digital dapat menjadi alat efektif bagi UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar global, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Peruri menegaskan peran teknologi dan digitalisasi dalam membangun kepercayaan dan mendorong pertumbuhan UMKM, mencerminkan pergeseran menuju ekonomi digital di Indonesia. 

Baca Juga: Peruri Raih Peringkat Emas di Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT)

Acara Digitalk juga merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 4, yaitu menjamin kualitas pendidikan inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar untuk semua, kata Evan Septantyo, POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×