kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.819.000   -7.000   -0,38%
  • USD/IDR 16.565   0,00   0,00%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

E-Commerce Berlomba Tingkatkan Layanan Menjelang Festival Belanja


Jumat, 01 November 2024 / 14:46 WIB
E-Commerce Berlomba Tingkatkan Layanan Menjelang Festival Belanja


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - E-commerce di Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat, dengan perusahaan-perusahaan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop berlomba-lomba meningkatkan kualitas layanan untuk menarik konsumen.

Riset terbaru dari Ipsos Indonesia menunjukkan bahwa Shopee dinilai sebagai platform e-commerce paling memuaskan oleh pengguna, dengan 62% responden merekomendasikannya kepada orang lain.

Shopee unggul dalam berbagai aspek yang dianggap penting oleh konsumen. Dalam hal keamanan dan kenyamanan berbelanja, 66% responden menilai Shopee memiliki pilihan layanan pengiriman yang paling lengkap, diikuti oleh Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop.

Selain itu, 64% responden menyatakan bahwa Shopee menawarkan metode pembayaran paling beragam, dengan popularitas metode Cash on Delivery (COD) semakin meningkat

Kecepatan pengiriman juga menjadi faktor kunci dalam kepuasan konsumen. Program "Garansi Tepat Waktu" dari Shopee, yang dikenal oleh 71% responden, menunjukkan komitmen platform ini untuk memberikan kepastian waktu pengiriman.

Baca Juga: Minat Belanja Online Tinggi, Transaksi E-commerce Diprediksi Stabil Tahun Ini

Riset juga mencatat bahwa Shopee menjadi pilihan utama dalam hal pengembalian barang yang mudah dan cepat.

Inovasi dalam fitur belanja interaktif juga mendominasi tren saat ini. Sebanyak 63% responden menganggap Shopee menyediakan layanan live shopping terbaik, diikuti oleh TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada. 

Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia, menyatakan bahwa kepuasan konsumen menjadi fokus utama dalam strategi e-commerce.

"Shopee telah berhasil memenuhi berbagai aspek yang dibutuhkan konsumen, menjadikannya pilihan utama untuk pengalaman belanja online yang terpercaya," katanya. 

Dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja online menjelang akhir tahun, e-commerce diharapkan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×