kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Efek corona, keramaian Pasar Tanah Abang saat Ramadan dan Lebaran pindah ke Shopee


Minggu, 10 Mei 2020 / 17:56 WIB
Efek corona, keramaian Pasar Tanah Abang saat Ramadan dan Lebaran pindah ke Shopee
ILUSTRASI. Foto udara kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (26/3). Pihak pengelola Pasar Tanah Abang, Perumda Pasar Jaya akan melakukan penutupan operasi sementara mulai Jumat, 27 Maret 2020 hingga 5 April 2020 dalam upaya tindakan pencegahan penularan virus Co

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Menjelang Lebaran, kawasan Tanah Abang biasanya bertambah macet. Maklum, banyak masyarakat berburu kebutuhan Idul Fitri di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut. Namun akibat wabah corona, Pasar Tanah Abang  tutup. Kawasan yang biasanya sangat ramai menjelang Lebaran, tahun ini senyap.

Maka, sebagai pengelola pasar di DKI Jakarta, PD Pasar Jaya menggandeng Shopee sehingga ratusan ribu pedagang Pasar Jaya membuka toko virtual di e-commerce tersebut. Tujuannya, menjaga eksistensi usaha pedagang dan roda ekonomi tetap berputar. Sementara pembeli bisa menawar dengan jaminan harga pasar dan grosir.


Direktur PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menjelaskan, kerjasama ini memberikan kesempatan bagi pedagang memasarkan produk  lebih luas lagi. Bukan cuma kepada pelanggan setia Pasar Jaya, tapi juga pelanggan Shopee di seluruh Indonesia. “Kami berharap ini dapat mendukung keberlangsungan usaha pedagang tetap berdaya. Khususnya selama masa pandemi ini,” kata Arief, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (8/5).

Kerjasama ini akan diawali dari Pasar Tanah Abang, yang menjual ragam produk fesyen. Pengguna dapat menmukan berbagai kebutuhan seperti baju Lebaran, mukena, baju anak dan aksesori fesyen lain, dengan harga murah di bawah Rp 100.000 serta tambahan cashback. Juga diskon hingga 80%. Selanjutnya adalah Pasar Pramuka yang menawarkan ragam obat-obatan. Dan kemudian diharapkan berlanjut ke seluruh Pasar Jaya..

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, mengawali kerjasama dengan Pasar Tanah Abang, pengguna dapat memenuhi berbagai produk fesyen selama Ramadan. Serta kebutuhan esensial lain berupa vitamin dan obat-obatan dari Pasar Pramuka. “Kami berharap, platform kami  menjadi medium dalam memajukan dan meringankan beban para pedagang agar tetap dapat menata kehidupan dengan bisnis online,” terang Handhika.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi langkah cepat Pasar Jaya menggandeng Shopee mengembangkan usaha pedagang di ranah digital. “Kerjasama sinergis ini membuka peluang UMKM memajukan usaha mereka dengan menjangkau masyarakat lebih luas,” terang Anies

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×