Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen ban PT Hankook Tire Indonesia targetkan penjualan domestik tumbuh 10% year on year (yoy) di 2020.
National Sales Manager, Apriyanto Yuwono mengungkapkan di akhir tahun ini Hankook memproyeksikan penjualan domestik sebesar 10% dibandingkan tahun lalu yang baru mencapai 8%.
Baca Juga: Hankook Indonesia menargetkan porsi pasar lokal mencapai 11%
"Pertumbuhan ini ditopang oleh varian ban terbaru yang telah diluncurkan awal tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif khususnya segmen multipurpose vehicle (MOV) dan sport utility vehicle (SUV)," jelasnya saat ditemui Kontan.co.id di Jakarta, Selasa (17/12).
Kendati telah merilis varian ban baru, Apriyanto menyatakan permintaan (demand) ban di tahun ini terjadi penurunan. Sentimennya tidak jauh-jauh dari perang dagang Amerika dan China yang sempat memanas di pertengahan 2019 kemarin.
Selain itu, tahun ini Hankook Indonesia juga telah melakukan upaya memperdalam pasar dengan mendistribusikan produknya di Indonesia lewat PT Hankook Tire Sales Indonesia sebagai sister company.
Baca Juga: Hankook menunda pembangunan pabrik ketiga di Cikarang
Di tahun depan, Hankook memproyeksikan penjualan bisa tumbuh 10% karena ditopang ekonomi yang stabil. Adapun sejumlah strategi yang telah disiapkan Hankook untuk menyongsong target penjualan di tahun depan.
"Memang strategi tidak akan jauh beda dengan tahun ini, tapi di tahun depan Hankook akan fokus mengembangkan jaringan ritel yang sudah ada," ujarnya.