kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Hankook menunda pembangunan pabrik ketiga di Cikarang


Selasa, 17 September 2019 / 20:20 WIB

Hankook menunda pembangunan pabrik ketiga di Cikarang
Pabrik Hankook Tire Indonesia

KONTAN.CO.ID -CIKARANG. Perusahaan ban, PT Hankook Tire Indonesia terpaksa menunda penambahan pabriknya di Cikarang. Padahal sebelumnya perusahaan sudah berencana menambah pabriknya yang ketiga di Cikarang.

Pabrik tersebut sejatinya akan memproduksi Truck and Bus Radial (TBR). "Karena ada tantangan ekonomi global," ungkap General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia Yoon Keung Yoong ketika ditemui Kontan.co.id di pabrik Hankook Indonesia, Cikarang, Selasa (17/9).

Baca Juga: Hankook Tire Sales Indonesia akan mengerek pangsa pasar lokal menjadi 10%

Hingga saat ini, belum dapat dipastikan sampai kapan penundaan pembangunan akan terjadi. Lebih lanjut Yoon menejelaskan, tantangan global mengakibatkan pabrik Hankook di China kesulitan melakukan ekspor ke pasar Amerika, sehingga ada masalah perekonomian yang dihadapi Hankook.

Selain itu Hankook masih belum menemukan pasar baru, padahal jika penambahan pabrik tetap dilakukan maka pasar baru diperlukan untuk menyerap produknya. 

Asal tahu saja, sejauh ini produk yang di produksi Hankook Indonesia sebagian besar masih menyasar pasar ekspor. Menurut paparan yang disampaikan, pada tahun 2018 komposisi produk dari pabrik Indonesia yang diserap oleh pasar lokal hanya sebesar 8%.

Sedangkan sisanya diserap oleh pasar ekspor. Berikut merupakan penjualan ban Hankook secara global: Amerika Utara dan Selatan (44,3%), Timur Tengah (21,5%), Eropa (21,4%), Indonesia (8%), Afrika (2,6%), dan Korea (0,2%). 

Baca Juga: Hankook Indonesia melirik potensi pasar domestik

Adapun secara total Hankook  merencanakan lima tahapan investasi di Indonesia, dengan total nilai US$ 1,1 miliar dan target kapasitas produksi 20 juta per tahun. 

Tahapan yang terealisasi  baru mencapai tahap ke dua dengan kapasitas produksi 12 juta per tahun dan total investasi US$ 650 juta. Hingga saat ini utilisasi pabrik sudah mencapai 94,6% dengan jumlah produksi per tahunnya 11,36 juta unit

Sejauh ini produk ban yang diproduksi pabrik Hankook Indonesia merupakan kendaraan penumpang yang digolongkan menjadi Standar Performance (SP), High Performance (HP), Ultra Hight Performance (UHP), LTR SUV (LS), dan LTR Van (LV).

Baca Juga: Indo Komoditi Korpora (INCF) mendapatkan dua klien baru di tahun ini

Jika pabrik ketiga terealisasi, maka untuk pertama kalinya PT Hankook  Tire Indonesia memproduksi TBR yang selama ini masih diimpor dari pabrik di China.  


Reporter: Kenia Intan
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×