kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Hankook Indonesia menargetkan porsi pasar lokal mencapai 11%


Selasa, 17 September 2019 / 21:53 WIB

Hankook Indonesia menargetkan porsi pasar lokal mencapai 11%
ILUSTRASI. Pabrik Hankook Tire Indonesia

KONTAN.CO.ID -CIKARANG. PT Hankook Tire Indonesia membidik pasar lokal lebih besar ke depan. Sejauh ini, sebagai anak perusahaan ban global Hankook Tire, Hankook Indonesia cenderung memiliki orientasi ekspor.  

Di tahun 2018, distribusi penjualan Hankook Indonesia 92% diserap pasar ekspor, 8% lainnya diserap pasar lokal. Ke depan, Hankook Indonesia akan membidik pangsa pasar lokal yang lebih besar menjadi 11%. Angka mungkin tercapai mengingat akan ada bagian yang khusus menangani penjualan.

Baca Juga: Hankook menunda pembangunan pabrik ketiga di Cikarang

"Tahun ini kita ada pemekaran. Sales marketing kita buka perusahaan terpisah," ungkap General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia Yoon Keung Yoong ketika ditemui Kontan.co.id di pabrik Hankook Indonesia, Cikarang, Selasa (17/9). 

Seperti data yang pernah dihimpun Kontan.co.id, ke depannya Hankook Tire Indonesia akan fokus pada manufaktur dan produksi. Sementara, penjualan dan pemasaran akan dikelola oleh sister company bernama Hankook Tire Sales Indonesia. Pemekaran perusahaan ini akan memperkuat pangsa pasar Hankook di Indonesia yang baru menguasai 5% hingga 6%  pasar ban. 

Adapun pabrik Hankook di Indonesia yang terletak di Cikarang per tahunnya memproduksi ban 11,36 juta unit per tahun. Sementara kapasitas total pabriknya bisa mencapai 12 juta unit per tahun.  

Baca Juga: Hankook Indonesia melirik potensi pasar domestik

Asal tahu saja, dengan jumlah produksi tersebut, pabrik Indonesia berkontribusi sebesar 10% terhadap produksi global Hankook Tire. Secara global, kapasitas produksi Hankook kurang lebih 104 juta unit per tahun. Kontribusi paling besar disumbangkan dari tiga pabrik di China, sebesar 29,5% tahun.


Reporter: Amalia Fitri
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan


Close [X]
×