Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) terus berusaha mengejar penjualan toko online yang baru dirintis tahun lalu. Apalagi tren bisnis online makin marak.
Supaya optimal, Metrodata pun memutuskan menghentikan rencana penambahan gerai Metrodata Store di beberapa ritel modern. "Kami menghentikan ekspansi gerai di Careffour dan akan melakukan penetrasi di online saja," kata Susanto Djaja, Presiden Direktur Metrodata Electronics, Rabu (27/8).
Semula perusahaan ini merencanakan menambah anjungan Metrodata Strore di 35 gerai Carrefour dan 10 gerai tambahan di Hypermart maupun Electronic City. Namun, setelah melihat hasil penjualan toko online dan gerai penjualan hampir sama, rencana tambah gerai pun batal.
Susanto memaparkan pada Juli kemarin, penjualan yang dikantongi Metrodataonline.com dengan hasil penjualan tiga toko yang dioperasikannya di Bekasi, Karawaci, dan Serpong sama-sama mencapai angka sekitar Rp 1 miliar per bulan.
Meski belum genap satu tahun, toko online yang dikelola anak usaha PT My Icon Technology ini cukup menggembirakan. Ia mencontohkan pada semester I-2014, penjualan Metrodataonline.com sekitar Rp 700 juta per bulan. Namun satu bulan kemudian melonjak jadi Rp 1 miliar per bulan.
"Mudah-mudahan, tahun depan penjualan toko online bisa mencapai Rp 2 miliar per bulan," jelasnya.
Melihat hasil ini, Metrodata berharap penjualan online bisa memberi kontribusi hingga 16% dari total penjualan ritel sampai akhir tahun ini. MTDL menargetkan penjualan ritel tahun ini sebesar Rp 90 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News