kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elang Mahkota ekspansif di digital


Jumat, 30 September 2016 / 10:35 WIB
Elang Mahkota ekspansif di digital


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Rekam jejak perjalanan bisnis digital PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) semakin massif. Perusahaan berkode EMTK di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut kembali memperbesar bisnis digital melalui anak usaha PT Kreatif Media Karya Tbk atau dikenal KMK Online. 

Baru-baru ini, Emtek memupuk saham 30% dalam platform Oto.com. Di bisnis baru tersebut, Emtek akan bekerjasama dengan pelaku bisnis digital asal India, CarBay Pte Ltd. Adapun CarBay Pte Ltd merupakan anak perusahaan Girnar Software Private Ltd yang memiliki pengalaman mengelola portal otomotif di India.

Saat ini, Girnar Software Private Ltd berambisi melakukan ekspansi ke wilayah Asia dan Timur Tengah. Khusus di Indonesia, Girnar Software menggandeng Emtek. Dengan total investasi sekitar US$ 25 juta, kedua perusahaan tersebut akan menggarap konsumen otomotif Indonesia, khususnya di produk kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Emtek menilai, CarBay memiliki track record yang cukup baik di negara asalnya. Selain itu, Girnar Software juga memiliki business plan yang jelas. Sehingga bisa menyakinkan Emtek turut serta berkontribusi di dalamnya. 

Melihat pasar Indonesia yang besar, dengan kebutuhan barang otomotif yang tinggi, membuat Emtek yakin bisa mempopulerkan platform oto.com di Indonesia. ”Ini bisa memberi keleluasaan untuk menelusuri konten dalam jumlah besar,” ujar Adi Sariaatmadja, Direktur Utama KMK Online di Jakarta, Rabu (29/9).

Ketertarikan Emtek menggarap pasar otomotif dalam platform digital tersebut dilakukan setelah melihat peluang pasar di Indonesia. Sutanto Hartono, Wakil Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, bilang, sektor otomotif memiliki prospek pasar yang besar. 

Tak hanya tertarik otomotif, Emtek sejatinya juga berambisi menggarap pasar properti dan informasi seputar karier atau pekerjaan dalam konsep yang sama. ”Tiga bidang tersebut (otomotif, properti, karir) masuk dalam listing KMK Online portofolio,” terang Sutanto.

Sebelumnya, Emtek mendapatkan lisensi pengembangan dan menyebarluaskan platform BlackBerry, yakni BlackBerry Messenger (BBM) di pasar domestik. Basis pengguna BBM cukup besar. Total pengguna BBM diperkirakan mencapai 60 juta di Indonesia. Sedangkan  secara global sekitar 200 juta pemakai. 

Dalam kesepakatan ini, Emtek telah meneken nota kesepahaman pada 27 Juni 2016 lalu. Dalam kerjasama tersebut, Emtek mendapat hak mengelola platform BlackBerry di Indonesia selama enam tahun ke depan. 

Agar bisa mengambil hak BBM di pasar Indonesia, Elang Mahkota harus merogoh dana tak sedikit yakni US$ 207,5 juta atau setara 
Rp 2,7 triliun. 

Dalam kerjasama tersebut, Emtek mendelegasikan KMK Online untuk memanfaatkan anak usahanya yang berbasis di Singapura, yakni Creative Media Works Pte Ltd untuk bertransaksi dengan BlackBerry.




TERBARU

[X]
×